Unik, Ada Kopi Dari Bawang Putih

JogjaUpdate.com ~ Kopi pastilah terbuat dari biji kopi, karena dari situlah namanya. Namun ternyata ada beberapa orang yang coba kembangkan kopi dari bahan lain. Salah satunya adalah Yokimoto Shimotai, pria asal Jepang ini mampu membuat kopi dari bawang putih.

Menurut yang dimuat odditycentral.com, pemilik kedai kipi di Prefektur Aomori, Jepang ini secara tidak sengaja menemukan kopi dari bawang putih. Ketidak sengajaan ini terjadi pada 30 tahun lalu saat ia membuat kesalahan dengan memanggang bawang putih terlalu lama hingga gosong.

Waktu itu ia sedang memanggang steak dan bawang secara bersamaan. Sayangnya, bawang putih yang dipanggang hangus. Tapi ia menemukan sesuatu yang menarik dari bawang putih gosong. Ia mencium aroma unik dari bawang putih tersebut, lalu menumbuknya hingga halus.

Selanjutnya tumbukkan bawang putih gosong ini diseduh dengan air panas. Tidak disangka, aroma dan rasa minuman ini sangat mirip dengan kopi. Sejak itulah, pria paruh banya ini memutuskan untuk berhenti dari pekerjaanya dan meneliti lebih dalam mengenai kopi dari bawang putih.

Setelah penelitian bertahun-tahun, akhirnya pria ini bisa menghasilkan kopi dari bawang putih dengan rasa sempurna. Bahkan ia bertekad menjadikan kopi ini sebagai produk komersial. “Minuman yang saya buat mungkin yang pertama kali di dunia dari jenisnya (kopi).” kata Shimotai.

Pria ini pung mengklaim kopi buatanya aman untuk dikonsumsi, dan menyehatkan. “Rasa pahit bawang putih yang hangus membuatnya terasa seperti kopi. Ini minuman sehat dan tak menyebabkan bau mulut. Ini juga aman dikonsumsi ibu hamil karena tidak mengandung kafein,” ungkapnya.

Kopi buatan Shimotai ini telah bisa dinikmati oleh pelanggan kedai kopinya. Bahkan ia telah membuat kemasan untuk diseduh di rumah. Shimotai memasarkan kopi buatannya ini dengan harga yang cukup murah yakni 324 yen atau setara dengan Rp38 ribu. Penasaran? Mungkin kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. (201017),

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like