Memudarnya Keagungan Merapi

-@Inol02-

Sebuah mention di twitter datang dari seorang followers dengan nama akun @Inol02. Mention tersebut berisi sebuah foto yang diambil lewat telefon selular. Namun yang menarik disitu adalah isi caption fotonya. “senja bersama merapi segera berakhir ditutupi gedung pencakar langit” demikian bunyi caption yang menyertai foto itu. dan disinilah menariknya foto tersebut.

Foto yang terlihat biasa saja menjadi sangat kuat maknanya bila disertai judul yang pas. Seperti didalam foto bertemakan senja yang bergambar pembangunan gedung apartemen dan mall di salah satu sudut Jogja, berlatar belakang gunung Merapi dengan segala keangkuhannya berdiri menjulang lebih tinggi dari gedung-gedung itu. Sayangnya, gunung Merapi yang terdapat di dalam foto itu tidak lebih dari sekedar latar belakang dan terlihat kecil sekali.

Lalu, apa ada yang salah dari foto itu? Tidak ada yang salah dari foto itu, dengan mengesampingkan seni fotografi tentunya. Namun dari foto tersebut kita seperti disadarkan bahwa di Jogja sekarang ini sudah sangat jauh berbeda dari Jogja beberapa tahun lalu.

Jogja beberapa tahun lalu masih belum banyak dibangun gedung bertingkat lebih dari empat sampai lima lantai. Kita masih bisa mengagumi kebesaran Merapi dari sisi manapun di Jogja. Bahkan kadang dari jendela kampus atau sekolah, kita masih bisa melihatnya tanpa halangan.

Jogja yang semakin bergeser karena arus modernisasi. Bahkan beberapa kalangan menilai jika Jogja sudah berhenti nyaman.

 

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *