Membuat Tweet Tiruan? Siap-Siap Kena Sanksi Hak Cipta

slashgear

Jogjaupdate.com (29/07/15), Terkadang masalah hak cipta di sosial media tidak terlalu diindahkan oleh perusahaan sosial media itu sendiri. Namun hal ini tidak berlaku untuk Twitter. Twitter akan menindak tegas pelaku peniru tweet. Twitter akan menghapus tweet yang dilaporkan melanggar hak cipta jika “sang pemilik hak cipta” melaporkan.

kasus yang pernah terjadi adalah saat GoPro disebutkan berusaha mengatasnamakan kepemilikan hak cipta untuk mengurangi munculnya review buruk tentang produk mereka atau saat The Sunday Times berusaha untuk memblokir tweet berisi kritik atas artikel mereka.

Dilansir dari MetroTV, Twitter sama seperti perusahaan penyedia konten lainnya, yang mengijinkan para penggunanya untuk membuat dan mengunggah konten, memiliki sistem untuk mencegah terjadinya pelanggaran hak cipta. Pelanggaran hak cipta terjadi saat seseorang mengklaim konten miliknya dibajak.

Biasanya, konten yang dibajak berupa foto atau video. Kali ini adalah pertama kalinya seseorang dapat menyatakan diri sebagai pemegang hak cipta dari sebuah tweet. Semua orang dapat memberikan klaim hak cipta. Mereka cukup mengisi sebuah formulir yang ada pada situs Twitter.

Setelah itu, staf Twitter lalu akan menentukan apakah klaim tersebut sah atau tidak. Jika mereka merasa bahwa klaim tersebut valid, maka Twitter lalu akan menghapus atau menghilangkan tweet lain yang dianggap sebagai “tiruan”.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *