Jebul Dulu Banyak Mobil 2-Tak Lho, Sekarang Ke Mana?

JogjaUpdate.com (27/05/18), Selama ini kita kenal mesin dua langkah (2-tak) banyak digunakan untuk sepeda motor. Namun ternyata dulu banyak juga mobil yang menggunakan mesin 2-tak. Sama seperti pada sepeda motor, mobil 2-tak juga sudah tidak diproduksi lagi.

Baca: Kenapa Sepeda Motor 2 Tak Tidak Lagi Diproduksi? Ini Jawabannya

Dulunya mobil 2-tak populer di Eropa, terutama Eropa Timur. Mobil ini diproduksi di Jerman dan Swedia seperti DKW, Auto-Union, VEB Sachsenring Automobilwerke Zwickau, dan VEB Automobilwerk Eisenach. Sedangkan dari Jepang ada Suzuki dan Daihatsu pernah memproduksi mobil 2-tak.

Mobil dengan mesin 2-tak ini populer di era 1970-an, namun dihentikan produksinya pada era 1980-an. Kecuali di Jerman Timur baru berhenti tahun 1991, ketika telah bersatu kembali dengan Jerman Barat. Seperti diketahui, Uni Eropa dan Jepang memang di terkenal ketat dalam mengatur soal emisi.

Baca: Dengan CC Yang Sama, Kenapa Motor 2-Tak Lebih Kencang Dibanding 4-Tak?

Dan berikut ini beberapa mobil 2-tak yang pernah ada di pasaran:

1. Suzuki ST20

Mobil ini sempat bertebaran di Indonesia, mungkin masih bisa ditemukan di sekitar kamu. Suzuki ST20 ini punya banyak sebutan seperti: Truntung, Trontong, dan Turungtung. Untuk mobil 2-tak, ST20 ini tergolong irit karena cuma menggunakan mesin 475 cc dua silinder.

 

2. Daihatsu Midget

Di Indonesia, kendaraan roda tiga ini lebih dikenal dengan nama Bemo. Di Jepang mobil ini awalnya sebagai akutan barang, namun di Indonesia berubah jadi angkutan umum. Berbeda dengan Bajaj yang menggunakan setang, Midget menggunakan setir melingkar sehingga dimasukkan dalam kategori mobil.

 

3. Melkus RS 1000

Dengan desain eksotis khas supercar, mobil ini ditenagai mesin 2-tak 3 silinder berkapasitas 992 cc. Keunikan lainnya, RS 1000 ini menggunakan pintu model gull-wing yang terbuka ke atas. Mobil ini hanya diproduksi sebanyak 101 unit saja dari tahung 1969 hingga 1979.

 

4. Saab 92

Mobil ini adalah produksi perdana dari Saab, dengan mesin 3 silinder 2-tak berkapasitas 764 cc. Saab 92 ini diproduksi dari tahun 1949 hingga 1956, kemudian digantikan seri 95. Hebatnya, mobil ini langsung ikut perlombaan rally du Swedia setelah 2 minggu dirilis. Dan langsung juara kedua di kelasnya.

 

5. DKW Junior

Merk DKW ini lebih kita kenal sebagai produsen sepeda motor, tapi ternyata memproduksi mobil juga. Bahkan di Eropa dulu, DKW sangat terkenal dalam kejuaraan rally. DKW Junior atau F12 inilah yang jadi salah satu andalannya. Menggunakan mesin 3 silinder 2-tak berkasitas 741 cc, 796 cc, dan 889 cc.

 

Sebenarnya masih banyak lagi mobil-mobil bermesin 2-tak lainnya, kalau dimasukkan dalam daftar bisa panjang. Namun diatas beberapa mobil 2-tak yang cukup terkenal dan ikonik di masanya.

Baca: 5 Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Hendak Beli Vespa 2-Tak

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like