Jambu Dersono, Jambu Langka Dan Sangat Mahal

-kristinayovita.blogspot.com-

Yogyakarta, 01/10/14, Cuaca panas seperti ini, enak rasanya jika makan buah-buahan yang segar. Seperti jambu contohnya, selain segar, juga menyehatkan. Jambu yang enak dan ternyata mahal itu adalah jambu Dersono (Syzygium malaccense).

Harga jambu ini berkisar Rp.30.000,- perkilonya. Kenapa bisa semahal itu? Ternyata jambu ini hanya berbuah setahun sekali sehingga harganya mahal. Selain itu, jambu ini juga punya berbagai macam khasiat. Jambu ini paling banyak dicari oleh wanita yang sedang hamil. Konon katanya jambu ini dipercaya dapat memperlancar persalinan.

Jambu dersono kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan vitamin A. dalam 100 gram terdapat vitamin C hamper setara dengan jeruk mandarin yaitu sekitar 22 mg per 100 gram buah. Kandungan vitamin A-nya juga cukup tinggi, meskipun tidak setinggi jeruk mandarin tetapi jauh lebih tinggi daripada apel.

Selain untuk mempercantik kulit, vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan sel, meningkatkan penyerapan asupan zat besi dan memperbaiki mutu sperma dengan cara mencegah radikal bebas yang merusak pembungkus sperma.

Asal usul pohon buah ini tidak diketahui dengan pasti, akan tetapi jambu bol ditanam luas sejak lama di Semenanjung Malaya, Sumatra dan Jawa. Karena manfaatnya, jambu bol kini ditanam di banyak negara tropis, termasuk di negara-negara Karibia seperti Jamaika serta Trinidad dan Tobago.

Pohon jambu Dersono ini dipercaya memiliki aura yang sangat kuat. Bahkan saking kuatnya aura yang dikeluarkan. Tanah yang semula “Panas”, terus kemudian ditanami tanaman ini akan berubah menjadi “Hoki”.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like