Inilah Cara Merenggangkan Sepatu Yang Sesak

JogjaUpdate.com (12/9/17), Pasti pernah mengalami ketika hendak membeli sepatu dengan model yang disukai namun tidak tersedia ukuran yang tepat. Atau kamu memang memiliki ukuran telapak kaki yang tidak biasa, jadi susah mencari sepatu yang pas. Bisa juga sepatu yang disukai memang tidak diproduksi untuk ukuran kaki kamu.

Ukuran sepatu yang tidak tepat memang tidak nyaman dipakai, dan tidak sehat dipakai. Kalau ukurannya sedikit kebesaran, banyak yang mengakali dengan pemakaian kaos kaki tebal. Tapi bagaimana jika ukuran sepatunya kekecilan? Apakah mau merenggangkan sepatu yang sesak jadi pas?

Jebul memang ada kok tips atau cara yang bisa digunakan untuk merenggangkan sepatu agar mendapatkan ukuran yang tepat. Berikut ini ada beberapa cara menurut yang dimuat Kompas.com (10/9/17):

1. Gunakan Jasa Tukang Sepatu

Ada beberapa tukang sepati yang mempunyai keahlian untuk merombak ukuran sepatu, dari mengecilkan maupun membesarkan. Ada yang membuka sedikit jahitan atau menggunakan alat-alat tertentu untuk merenggangkan ukuran sepatu. Namun sayangnya tidak semua tukang sepatu bisa, lebih baik tanyakan dahulu.

2. Pakai Lebih Sering Di Rumah

Sebelum memakainya untuk kegiatan di luar rumah, sepatu yang sesak bisa kamu longgarkan dengan mengenakannya di rumah. Cara ini bisa membantu melonggarkan dan merentangkan bahan yang lentur di sepatu. Namun lepaskan sepatu setiap kaki merasa sakit, atau bisa dibantu dengan menggunakan kaos kaki tebal.

3. Alat Perengang

Ada alat perengang yang bisa didapatkan di beberapa toko sepatu. Namun jika tidak bisa mendapatkan alat ini, kamu bisa mengakalinya dengan memakai gulungan kaos kaki atau koran bekas. Caranya dengan menjejalkan barang-barang ini ke dalam sepatu hingga penuh sesak, kemudian diamkan beberapa waktu.

4. Bekukan Sepatu

Cara ini memang agak susah dan perlu kehati-hatian. Pernah mendengar kalau air akan mengembang saat dibekukan menjadi es? Cara inilah yang digunakan. Yaitu isi air ke dalam kemasan plastik, dan masukan ke dalam sepatu. Kemudian simpan sepatu dengan air tadi di dalam frezzer sampai beku. Setelah itu keluarkan lalu biarkan mencair sendiri.

Jika percobaan pertama belum berhasil, cobalah beberapa kali sampai mendapatkan ukuran ternyaman. Namun perlu diperhatikan jangan sampai air bocor membasahi sepatu.

5. Panaskan Sepatu

Selain dibekukan, memanaskan sepatu yang sesak juga salah satu metode yang populer digunakan. Caranya yaitu dengan mengenakan beberapa lapis kaos kaki tebal, laku kenakan sepatu. Kemudian panaskan bagian sepatu yang terasa sempit menggunakan hair dryer. Pada saat yang bersamaan gerakan jari-jari kaki utnuk membantu melebarkan.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like