Imperial Army Star Wars akan Meriahkan Festival Bregada Nusantara 2019

JogjaUpdate.com (20/09/2019) Sedikitnya 28 bregada akan tampil dalam Festival Bregada Nusantara yang mengusung tema Milenial Meet Tradisional akan digelar di sepanjang jalan Malioboro, Yogyakarta pada Minggu 22 September 2019 mulai pukul 07.00 pagi. Sejumlah 15 bregada dari berbagai SMA/SMK di Yogyakarta dan berbagai bregada lainnya akan berlomba tampil berbaris ala prajurit Keraton dari Abu Bakar Ali hingga Alun-alun Utara Yogyakarta.

Dalam kegiatan kali ini Festival Bregada Nusantara akan dimeriahkan barisan Anglosita Brass sebagai pengiring musik Bregada Siswa dan Bregada Guru Padmanaba, Bregada Kraton ngaYogyakarta, Kasultanan Cirebon, Baluwarti Surakarta, turut memeriahkan acara ini.

Kegiatan yang diselenggarakan keluarga besar alumni Padmanaba yang ketiga kalinya ini digelar dalam rangka HUT ke-77 SMA Negeri 3 Yogyakarta. “Kami keluarga alumni Padmanaba kembali menggelar Festival Bregada, namun festival kali ini lebih meriah dibanding sebelumnya”, kata Hendri Saparini, Ketua Keluarga Besar Alumni Padmanaba dalam konferensi pers di Yogyakarta, Kamis (19/09/19).

Baca juga: Jebul Ada Museum Bahari di Jogja Lho! Udah Pernah Ke Sini?

“Untuk bregada dari pelajar ini yang kita kompetisikan. Festival Bregada Nusantara kali ini, mengusung tema Milenial Meet Tradisional, kegiatan ini diharapkan dapat mendorong generasi milenial untuk menyukai dan mempelajari kembali budaya tradisional yang saat ini sudah banyak ditinggalkan,” lanjut Hendri Saparini.

Bregada Nusantara
Press Conference Bregada Nusantara 2019 – eksklusif

Ada beberapa bregada unik yang akan tampil dalam pawai ini, misalnya, Imperial Army dari cerita Star Wars, hingga bakal adanya aksi Bregada Edan-Edanan yang berbau parodi. Semua itu akan semakin menambah kemeriahaan Festival Bregada Nusantara 2019.

“Barisan bregada unik ini bisa jadi idenya sangat liar untuk menuju keterbukaan terhadap proses kreatif generasi milenial yang tidak melulu harus dikekang. Namun lebih perlu di akomodir,” jelas Ketua Panitia Ganang Adji. “Pengunjung dan wisatawan Malioboro bakal disuguhi aksi keprajuritan tak biasa, karena akan ada banyak modifikasi atribut dan gaya, panitia membebaskan setiap peserta untuk kreatif dalam menentukan baju, musik dan gerakan.” lanjutnya.

Baca juga: Tahukah Kamu, Ada Lima Plengkung Kraton Jogja

Sementara KPH Notonegoro sebagai wakil dari kraton berharap, kedepan bregada siswamadya dapat semakin banyak diikuti oleh sekolah lain. Akan lebih baik lagi, kalau ada peserta dari SMA atau SMK dari luar Yogyakarta. Mengingat dalam bregada ini generasi milenial akan diajarkan kembali terkait filosofi budaya, proses kreatif, keahlian, kedisplinan dan kerjasama tim, sehingga dapat membentuk pasukan bregada yang utuh dan menarik.

Lomba bregada ini memperebutkan piala Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, piala Kementerian Pariwisata, piala Gubernur DIY dan piala keluarga besar alumni Padmanaba. (dSGL)

 

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like