Harus Tahu, Ini 6 Manfaat Tape untuk Kesehatan

JogjaUpdate.com (26/07/2019). Pasti tak asing dengan makanan yang bernama Tape. Makanan tradisional yang banyak ditemukan di berbagai daerah. Tapi tahukah kamu apa manfaat Tape bagi kesehatan.

Tape umumnya terbuat dari singkong atau beras ketan. Namun paling umum didapatkan adalah Tape Singkong di berbagai daerah.

Terkhusus Tape Singkong, terkenal akan rasa yang manis dan teksturnya yang lembut. Itulah yang jadi ciri khas dan yang paling dicari dari Tape.

Makanan tradisional ini dibuat dengan proses fermentasi menggunakan ragi. Proses ini menjadi rahasia penting dari Tape, terutama bagi kesehatan.

Berikut ini 6 manfaat Tape bagi kesehatan yang harus kamu ketahui.

1. Menurunkan kolesterol

Menurut steemit, asam organik yang terkandung dalam Tape sangat membantu memecah timbunan lemak dan juga kolesterol. Juga dapat mengurangi intensitas kolesterol dalam pencernaan dan sirkulasi darah.

2. Menambah energi

Tape kaya akan karbohidrat karena terbuat dari bahan singkong. Mengkonsumsi Tape juga sama efeknya dengan energi makan nasi.

3. Mencegah anemia

Penyakit ini dikarenakan kekurangan darah juga karena penurunan produksi sel darah merah sehingga tubuh terasa lebih lemah dan tidak berenergi.

Tape dapat mendukung produksi sel darah merah. Ini dimungkinkan mikroorganisme dan meningkatkan produksi vitamin B12 dan B9.

4. Melancarkan pencernaan

Enzim yang dilepaskan oleh bakteri saat fermentasi Tape mampu mendorong nutrisi untuk lebih efisien. Hal ini berdampak pada kelancaran sistem pencernaan.

Fermentasi ini juga meningkatkan produksi asam laktat dan probiotik. Keduanya jadi zat penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan.

5. Mengurangi jerawat

Menurut drhealthbenefits, Tape juga bisa membantu dalam mengobati jerawat. Karena Tape dapat membantu menetralkan racun yang tersumbat dalam pori-pori.

6. Meningkatkan fungsi saraf dan otot

Menurut sbene, pelepasan enzim dan beberapa senyawa dari bakteri Tape Singkong memberi manfaat untuk merangsang sistem saraf.

Singkong yang melalui proses fermentasi juga mengandung asam amino yang penting bagi saraf dan menguatkan sel-sel jaringan otot.

Itulah 6 manfaat Tape bagi kesehatan yang harus kamu ketahui.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like