Geger Panama Paper, Skandal Pajak Terbesar Sepanjang Sejarah yang Melibatkan Banyak Orang Penting di Seluruh Dunia

occrp.org

Jogjaupdate.com (05/04/16), Dunia sedang dihebohkan dengan bocornya skandal Panama Paper, yaitu sebuah skandal mengenai dokumen pajak perusahan milik orang-orang berpengaruh di seluruh dunia. Didunia perpajakan dikenal dengan dunia offshore atau dunia tanpa pajak kerja.

“Panama Papers” adalah dokumen rahasia yang memuat daftar klien besar di dunia, yang diduga menginginkan uang mereka tersembunyi dari endusan pajak di negaranya.

Di dunia maya kegaduhan ini sudah menjadi trending topik sejak beberapa hari lalu. Kebocoran data terbesar dalam sejarah ini melibatkan firma hukum Mossack Fonseca yang berbasis di Panama. File database sebanyak 11 juta dokumen offshore terhubung oleh Mossack Fonseca.

Tercatat, dokumen “Panama Papers” masuk dalam file sebesar 2,6 terabyte (TB). Ada 4,8 juta e-mail; 3 juta database; 2,1 juta dokumen PDF; 1,1 juta foto; 320.000 dokumen teks; dan 2.000-an file lainnya. Sebagai perbandingan, Wikileaks yang dibocorkan Assange hanya berukuran file 1,7 GB.

Di Indonesia, dua nama yang kerap dicari penegak hukum untuk kepentingan penyidikan kasus korupsi, yakni Muhammad Riza Chalid dan Djoko Soegiarto Tjandra, juga tercantum dalam dokumen yang bocor ini. Ada 2.961 nama individu ataupun perusahaan yang muncul, saat kata kunci “Indonesia” dimasukkan.  

Awalnya, bocoran data tersebut didapatkan surat kabar Jerman, Süddeutsche Zeitung, yang membagikan data-data tersebut dengan International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ). Dari Indonesia hanya Tempo yang menjadi satu-satunya media di Indonesia yang terlibat dalam pengungkapan skandal ini.

Panama Papers menyimpan data surat elektronik, tabel keuangan, paspor, dan catatan pendirian perusahaan, yang mengungkapkan identitas rahasia dari pemilik akun bank dan perusahaan di 21 wilayah atau yurisdiksi offshore.

Di dalam data itu, tersimpan pula kerahasiaan hasil kejahatan, seperti harta hasil curian, korupsi, atau pencucian uang. Setidaknya ada 128 politikus dan pejabat publik dari seluruh dunia yang namanya tercantum dalam jutaan dokumen yang bocor ini.

Setelah diungkap, dokumen juga menunjukkan bagaimana Mossack secara teratur menawarkan klien mereka untuk membuatkan dokumen dengan tanggal mundur (backdated documents) guna membantu klien mereka mendapat keuntungan dari berbagai perjanjian bisnis mereka. Setiap satu bulan ke belakang, dalam penetapan tanggal dokumen perusahaan mereka, klien harus membayar US$ 8,75 kepada Mossack.

Dokumen itu memberi gambaran bagaimana para orang kaya dunia melakukan pencucian uang dan menghindari pajak atau sanksi internasional.

Mereka menggunakan Mossack Fonseca, firma hukum Panama yang beroperasi secara global khususnya di wilayah yang dijuluki sebagai ‘surga pajak’ termasuk Swiss, Siprus, British Virgin Islands, dan sejumlah wilayah Independen Kerajaan Inggris di Guernsey, Jersey, dan Isle of Man.

Infografis lengkap mengenai nama-nama orang terkenal yang tersangkut dokumen ini bisa dilihat di https://panamapapers.icij.org/the_power_players/.

-dari berbagai sumber-

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *