‘Choir of the Mischief’ kolaborasi ketjilbergerak dan Bonggal Hutagalung

Yogyakarta (11/02/15), ketjilbergerak (Yogyakarta) dan Bonggal Hutagalung (Bandung) akan berkolaborasi dalam pameran karya mereka yang bertajuk ‘Choir of the Mischief’. Karya-karya berupa instalasi, video, mural, lukisan dan gambar.

Tajuk tersebut menandai kesadaran untuk bermain-main dalam menanggapi narasi-narasi besar dan mitos-mitos mapan yang telanjur dipercaya oleh banyak orang. Istilah “mischief” diniatkan untuk mewakili karakter-karakter khas anak muda yakni nakal, jahil dan serampangan.

Pameran yang secara tidak langsung juga merekam opini atau tanggapan anak muda saat ini ketika merespon apa yang dilakukan oleh anak-anak muda Indonesia di masa lalu. Dengan kata lain karya-karya dalam pameran ini merupakan respons terhadap peristiwa-peristiwa, teks-teks, dan narasi-narasi dan sosok-sosok yang telah menjadi bagian dari sejarah.

Pameran ini mempertemukan dua pihak yang memiliki perbedaan karakter. ketjilbergerak adalah sebuah kelompok yang menjadikan seni sebagai media pendidikan anak muda di Yogyakarta, melalui kegiatan-kegiatan berkala seperti diskusi, lokakarya, pertunjukan dan pameran. ketjilbergerak juga sering merespon isu-isu sosial baik dalam lingkup lokal maupun nasional melalui beragam media: seni rupa jalanan, musik, video klip, performans dan peristiwa yang melibatkan banyak orang.

Sementara Bonggal menjadikan seni sebagai wujud eskapisme bagi persoalan-persoalan hidup serta gejolak-gejolak sosial yang ia hadapi sehari-hari. Karya-karya keramik, gambar dan instalasi benda jadi-benda temuan Bonggal tidak hanya merepresentasikan “dunia kecil” sang seniman, melainkan juga sebagai bentuk olok-olok dan pertanyaan atas kemapanan. Karya-karya Bonggal menampilkan karakter personal, liris dan soliter.

Pameran yang akan dibuka mulai tanggal 15 Februari 2015, bertempat di Jogja Contemporary
Kompleks Jogja National Museum (JNM)
Jalan Amri Yahya 1 Gampingan, Wirobrajan, Yogyakarta. Rencananya pameran akan dibuka oleh RM. Sindhunata. Sedangkan Sisir Tanah dan Summer in Vienna akan memeriahkan malam pembukaan pameran.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like