Awas, Gadget Dapat Membuat Struktur Otak Kita Berubah

-google-

Yogyakarta, (26/09/14) Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Universitas Sussex Sackler Centre for Consciousness menyatakan bahwa penggunaan beberapa gadget secara bersama-sama dapat merubah struktur otak kita.

Daerah otak yang paling terpengaruh adalah anterior cingulate cortex (ACC), yang bertanggung jawab untuk fungsi kontrol kognitif dan emosional. Orang yang terkena ACC kecil, lebih rentan terhadap situasi multitasking karena lemah dalam kontrol kognitif atau peraturan sosial-emosional.

Peneliti menemukan beberapa cara untuk mendukung studi sebelumnya yang menemukan hubungan antara tinggi media multitasking dan masalah emosional seperti depresi dan kecemasan sosial.

Psikolog dari Michigan State University menyimpulkan dalam penelitian mereka bahwa interaksi dengan media dapat menggantikan interaksi tatap muka. Sehingga gangguan fungsi psikososial dan masalah kesehatan mental lainnya dapat dikurangi.

studi lanjutan jelas sangat diperlukan untuk lebih memahami hubungan ini dan menemukan faktor penyebabnya. “penggunaan banyak gadget menjadi lebih umum dalam kehidupan kita sehari-hari, dan ada peningkatan kekhawatiran tentang dampaknya terhadap kognisi dan sosial-emosional kita” ucap peneliti dari universitas Sussex. Seperti dikutip Jogja update, dari Yahoo.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like