Ada Banyak Manfaat Senyum Bagi Kesehatan

JogjaUpdate.com ~ Seperti diketahui, senyum membirkan banyak manfaat. Selain membuat lebih menarik, lebih cantik atau ganteng, lebih manis, tersenyum juga membuat terlihat lebih awet muda. Selain itu, dipercaya ada banyak manfaat senyum bagi kesehatan lho.

Berikut ini ada 10 manfaat senyum bagi kesehatan seperti yang dimuat About (2/12/11):

1. Membuat lebih menarik

Secara tidak sadar, senyum bisa membuat seseorang terlihat lebih menarik. Karena dengan senyuman ada faktor daya tarik tertentu dan membuat orang lain senang melihatnya dibandingkan mengerutkan kening, cemberut dan meringis.

2. Merubah suasana hati

Dengan tersenyum bisa mengelabuhi tubuh sehingga membantu seseorang mengubah suasana hatinya menjadi lebih baik. Karena itu, jika merasa sedih, cobalah tersenyum untuk meredakannya.

3. Senyum bisa menular

Tidak hanya penyakit yang menular, senyum jebul bisa juga. Tersenyum tidak hanya mengubah suasana hati seseorang, namun juga bisa berdampak pada orang-orang disekitar. Dengan senyuman bisa membuat hal-hal menjadi lebih bahagia dan ceria. Tersenyumlah dan tularkan senyuman dapa orang lain

4. Meredakan stres

Orang yang stres bisa terlihat dari wajahnya, tapi dengan tersenyum bisa mencegah dampaknya. Jika mengalami stres, cobalah ambil waktu untuk tersenyum. Seperti diatas, suasana hati dapat dirubah dengan senyuman, dan berdampak pula pada peredaan stres.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tersenyum juga bisa membantu meningkatkan kinerka sistem kekebalan tubuh dan bekerja dengan baik. Ketika seseorang tersenyum maka fungsi imun akan meningkat dan membuat seseorang lebih reliks, sehingga terhindar dari penyakit seperti flu.

6. Menurunkan tekanan darah

Ketika tersenyum, makan ada pernurunan nilai tekanan darah yang terukur. Cobalah mengukur tekanan darah saat duduk di rumah sakit sambil membaca, lalu tersenyum selama 1 menit dan mengukur kembali tekanan darah. Akan terlihat perbedaan tekanan darah karena tersenyum.

7. Melepaskan endorfin, penghilang rasa sakit, dan serotonim

Penelitian menunjukan senyum bisa melepaskan endorfin, senyawa penghilang rasa sakit alami dan serotonim. Ketiganya bisa membuat orang merasa lebih baik dan menjadi obat alami.

8. Terlihat lebih awet muda

Sebelumnya telah kita bahas, bagaimana senyum bisa membuat seseorang terlihat lebih awet muda.

9. Membuat terlihat sukses

Senyuman akan membuat seseoang terlihat lebih percaya diri dan terlihat lebih sukses dalam menjalani hidup. Karena senyuman merupakan tanda-tanda kebahagiaan.

10. Membantu lebih positif

Dengan tersenyum bisa membantu seseorang lebih positif dan mengurangi pikiran negatif. Dengan mengurangi depresi, stres, dan rasa khawatir, maka kesehatan seseorang akan meningkat juga menghindarkan dari penyakit.

(081017)

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like