8 Tempat Terbaik Melihat Sunset Di Jogja

JogjaUpdate.com (24/3/17), Matahari terbenam atau Sunset adalah momen indah yang sayang untuk dilewatkan. Di Jogja ada beberapa tempat yang bisa menyuguhkan pemandangan sunset atau senja yang menarik. Bagaimana? tertarik? Berikut ini ada 8 tempat terbaik untuk melihat sunset di Jogja.

1. Istana Ratu Boko

Walau agak bersusah payah menaiki anak tangga keatas, kamu tidak akan menyesal mendatangi tempat ini. Karena keindahan pemandangannya, apalagi suasana sunsetnya yang cantik. Kamu bisa menikmati keindahan sunset yang eksotis di Ratu Boko ini bersama pasangan atau gebetan kamu.

Berlokasikan di daerah Bokoharjo, Prambanan yang lumayan jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Atau tepatnya berada di jalur ke Selatan dari Candi Prambanan. Sangat disarankan untuk tidak meninggalkan lokasi ini sebelum selesai sunset. Karena suasana paling romantis di Ratu Boko ini di kala sunset.

67:13 #tb #ratuboko ❤

A post shared by Nurul Izzati Norzlan (@izzatinorzlan) on

 

2. Bukit Parang Endog

Kalau Ratu Boko menawarkan pemandangan sunset diatas kota, beda dengan tempat yang satu ini. Adalah Parang Endog atau Bukit Paralayang Parangtritis, sebuah bukit yang menawarkan pemandangan sunset dengan deretan pantai seperti Parangtritis, pantai Depok, dan Parangkusumo. Selain sunset, ternyata di Bukit Parang Endog ini kamu juga bisa menikmati sunrise di pagi buta.

Lokasi Bukit Parang Endong ini berada tepat sebelum pantai Parang Endog, sebelah Timur Pantai Parangtritis. Untuk mencapai puncak Bukit Parang Endog ini kamu harus menaiki beberapa abak tangga yang cukup melelahkan. Namun usaha kamu akan terbayar lunas dengan keindahan sunset nan romantis di tempat ini.

 

3. Bukit Bintang

Bukit Bintang ini menjadi tempat pilihan untuk menikmati malam dengan romantis bersama pasangan. Berderet-deret warung menyajikan beragam menu makan disini. Dengan ditemani jagung bakar atau semangkok mie instan kamu bisa menikmati kerlip lampu kota Yogyakarta, tapi lebih asik kalo ditemani pasangan sih.

Lokasinya cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta, namun tetap ramai dikungjungi. Berlokasi di pinggir Jalan Jogja-Wonosari, perbukitan Pathuk, perbatasan antara Piyungan Kabupaten Bantul dengan Kabupaten Gunungkidul. Di tempat ini kamu bisa menikmati indahnya pemandangan kota Yogyakarta dari ketinggian.

 

4. Kalibiru

Aslinya tempat ini merupakan garpu pandang di atas hutan pinus Perbukitan Menoreh, namun kini lagi hits. Biasanya Kalibiru ini dikenal dengan foto-foto pemandangan alam yang hijau nan asri. Namun sapa sangka kalau di tempat ini juga memiliki pemandangan sunset yang tidak kalah dari tempat lain.

Lokasi Kalibiru ini mudah untuk dikunjungi, sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Yogyakarta. Kamu bisa menuju Jalan Jogja-Wates, setelah sampai Kota Wates ambil jalur ke Waduk Sermo. Setelah itu kamu akan menemukan petunjuk jalur ke Desa Wisata Kalibiru. Untuk lebih jelas kamu bisa melihat kordinat lokasinya di sini.

Lakukan dan Hasilkan.? #kalibiru #kulonprogo #wates #yogyakarta

A post shared by Sandi Ardian (@sandi_ardian) on

 

5. Candi Ijo

Sama halnya dengan Istana Ratu Boko, Candi Ijo ini terletak di atas perbukitan Timur Jogja. Dengan lokasinya yang di ketinggian, membuat pemandangan dari Candi Ijo ini menarik dan luas. Begitu juga dengan pemandangan sunset yang ditawarkan Candi ijo juga tidak akan terlupakan.

Bayangkan duduk di bibir pelataran Candi Ijo sambil menyaksikan keindahan suasana senja. Untuk lokasinya sendiri Candi Ijo ini cukup mudah, apalagi lokasinya yang tidak jauh dari Istana Ratu Boko. Tepatnya lokasi Candi Ijo ini ada di Desa Sambirejo, Sambirejo, Kabupaten Sleman. Untuk lebih jelas kamu bisa melihat kordinat lokasinya di sini.

Hunting sunset, 2016 #latepost #temple #sunset

A post shared by Erri Setyawan (@errids) on

 

6. Pantai Glagah

Salah satu pantai ternama dari wilayah Kulonprogo yang menawarkan keindahaan sunset di laut lepas. Pantai Glagah ini juga dihiasi dengan ratusan tetrapod atau pemecah ombak yang menarik sebagai foreground foto sunset. Belum lagi jika beruntung kamu bisa menyaksikan perubahan langit biru ke jingga yang dramatis.

Duduk dan menghadaplah ke barat di pinggir jalan dekat barisan pemecah ombak, nikmati cahaya emas yang memantul sempurna dari permukaan laut dan menyusup melewati celah tetrapod. Lokasi Pantai Glagah ini juga untuk mudah untuk di jangkau dan telah memiliki papan petunjuk jalan yang lengkap.

 

7. Embung Nglanggeran

Terletak di perbukitan kaki Gunung Api Purba Nglanggeran, embung ini menawarkan pemandangan yang asyik. Termasuk dengan pemandangan di kala senja yang menarik dan tidak boleh dilewatkan. Siluet-siluet indah dan paduan pantulan langit diatas air embung membuat pemandangan senja yang menawan.

Pemandangan sunset di Embung Nglanggeran ini seperti oasis di tengah perbukitan karst yang gersang. Untuk menuju mebung Nglanggeran ini cukup mudah kok. Lokasinya tidak jauh dari Gunung Api Purba Nglanggeran, kamu tinggal mengikuti arah kesana melalui jalan Jogja-Wonosari. Papan petunjuh arah juga sudah tersedia dengan baik.

 

8. Pantai Parangtritis

Pantai legendaris ini telah menjadi magnet bagi wisatawan sejak lama, baik lokal manca negara. Bahkan dijadikan lagu romantis ngenes oleh penyanyi Didi Kempot. Keindahan sunset di Pantai Parantritis ini memang sudah diakui banyak orang. “the most beautiful sunset is when you have it with your beloved one and the most beautiful sunrise is quite the same,” kata Galina Nelson.

Untuk menuju pantai ini tidak usah dijelaskan panjang lebar, kamu tinggal menuju Jalan Parangtritis dan terus menuju Selatan sampai mentok. Di Pantai Parangtritis ini juga menyediakan beragam kegiatan bagi keluarga maupun yang berpasangan. Dan kenanglah selalu moment-moment indah di Parangtritis.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like