5 Hal Penting Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Imunisasi

JogjaUpdate.com (4/8/17), Sudahkah kamu diimunisasi secara lengkap, terutama waktu kecil dahulu. Banyak yang belum mengetahui tentang imunisasi, padahal ini penting bagi kesehatan. Karena banyak hal yang bisa membahayakan kesehatan, terutama buat anak yang harus dicegah sejak dini.

Dengan memberikan imunisasi pada anak, dapat memberikan mereka kemampuan melawan berbagai infeksi penyakit berbahaya yang bisa menyerang. Karena begitu pentingnya imunisasi, lebih baik kamu cari tahu lebih banyak mengenai hal ini. Dan berikut ini ada 5 hal penting tentang imunisasi yang perlu diketahui menurut yang dimuat parenting.com:

1. Jadwal Imunisasi Terbaru

Sangatlah penting bagi orangtua untuk mengetahui jadwal imunisasi untuk anak, termasuk jadwal paling baru jika ada. Ketahui pula manfaat dari setiap vaksin yang diberikan kepada anak. Sehingga orangtua tahu anaknya terlindungi dari infeksi apa saja. Dengan demikian, orangtua tidak akan ketinggalan untuk memberikan vaksin pada anak.

2. Tidak Perlu Menunda Imunisasi

Orangtua kadang berfikir untuk menunda imunisasi agar tubuh anaknya lebih kuar ketika menghadapi vaksinasi. Kenyataanya, hal ini tidak membuat imunisasi lebih aman. Justri dengan menunda akan meningkatkan resiko si anak terserang berbagai macam penyakit. Jika sudah waktunya imunisasi pada anak, sebaiknya orangtua tidak menunda.

3. Setiap Anggota Keluarga Wajib Diimunisasi

Tidak hanya anak yang perlu mendapatkan imunisasi, setiap anggota keluarga yang lain juga wajim diberi vaksin. Terutama jika sekeluarga hendak bepergian ke luar negeri. Orangtua perlu memahami bagaimana imunisasi dapat melindungi orang yang rawan terserang penyakit, seperti bayi, wanita hamil, kakek nenek, dan penderita penyakit kronis.

4. Imunisasi Memberikan Perlindungan Yang Kuat

Bagi orangtua yang masih ragu untuk memberikan vaksin kepada anaknya, perlu diketahui kalau imunisasi mampu memberikan perlindungan yang kuat dan tidak tertandingi. Penyakit seperti campak atau cacar air bisa menyebabkan kematian pada penderitanya. Namun dengan adanya imunisasi, resiko buruk dari penyakit tersebut dapat diminimalisir dengan baik.

5. Risiko Tidak Mendapatkan Imunisasi Lebih Berbahaya Dari Imunisasi Itu Sendiri

Orangtua mungkin tidak mau memberikan vaksik pada anaknya karena takut ia mengalami demam atau efek samping lainnya dari imunisasi. Namun perlu diketahui bahwa risiko tidak mendapatkan imunisasi jauh lebih berbahaya dari resiko anak saat diimunisasi. Maka dari itu orang tua jangan ragu lagi memberikan perlindungan terbaik buat anak.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like