4 Kuliner Gunungkidul Yang Harus Kamu Coba

JogjaUpdate.com (15/2/17), Selama ini wilayah Kabupaten Gunungkidul bukan terkenal dengan wisata alamnya, baik pantai maupun goa. Namun tahukah kamu, Gunungkidul memiliki sejumlah kuliner yang menarik perhatian. Berikut ini ada beberapa kuliner Gunungkidul yang harus kamu cobain:

1. Sego Abang dan Sayur Lombok Ijo

Nasi Merah atau Sego Abang tengah jadi tren kuliner, termasuk di Gunungkidul. Biasanya Sego Abang ini disajikan bersama Sayur Lombok Ijo dengan beragam lauk seperti empal, usus goreng, ayam goreng dan wader goreng. Sego Abang dicampur dengan gurihnya kuah santan dari Sayur Lombok Ijo memang membuat ketagihan.

Untuk menu kuliner Sego Abang dan Sayur Lombok Ijo ini yang populer adalah Lesehan Pari Gogo atau dulu bernama Mbah Jirak. Warung ini berlokasi di Jl Wonosari – Semanu, Gunungkidul, buka setiap hari dari pagi hingga pukul 16.00 WIB. Kabarnya, Sultan dan mantan presiden Megawati Sukarnoputri adalah penggemar Sego Abang Mbah Jirak ini.

 

2. Tiwul

Dulunya Tiwul merupakan makanan pokok masyarakat Gunungkidul ketika jaman susah pangan. Bahkan Tiwul identik dengan kemiskinan, namun kini telah berubah menjadi makanan bergengsi. Makanan berbahan tepung Gaplek atau Singkong yang dikeringkan ini kini telah berevolusi menjadi kudapan dan oleh-oleh khas Gunungkidul.

Untuk penjual Tiwul yang ternama di Gunungkidul adalah Tiwul Yu Tum. Berlokasikan di Jalan Pramuka no 36 (Sebelah Balai Desa Wonosari), Tiwul Yu Tum tersedia beragam rasa seperti original, keju, dan coklat. Tersedia pula Tiwul instan bagi kamu yang ingin memasaknya sendiri di rumah.

Nak nget ~ ? #Tiwul #Gathot #TiwulYuTum #ExploreWonosari #ExplorGunungKidul #KabehDiExplore ?

A post shared by Putri Setianingtyas (@putriutup) on

 

3. Sate Kambing 

Mungkin sate kambing bukan menu khas Gunungkidul, selain itu juga ada di berbagai daerah. Namun percaya atau tidak, Gunungkidul mempunyai banyak warung sate kambing yang enak-enak. Bahkan ada yang bilang kalau cari sate kambing enak paling gampang di Gunungkidul, karena hampir semua di sana enak.

Namun ada satu warung sate kambing legendari yang ternama di Gunungkidul. Adalah Sate Kambing Pak Turut, yang berlokasi di Jl Kesatrian, tak jauh dari Alun-Alun Wonosari. Warung Sate Kambing Pak Turut buka setiap hari mulai pukul 08.30 – 17.00 WIB, dan selalu dipadati oleh para pelanggannya.

#InstaMagAndroid #sate #kambing #tongseng #dinner #wonosari

A post shared by Yessi Andika (yeye) (@kilayeye) on

 

4. Walang Atau Belalang Goreng

Untuk yang satu ini termasuk dalam kuliner ekstreme, ya walaupun tidak ekstrem-ekstreme banget. Dulunya belalang atau walang ini dianggap hama oleh petani, karena sering merusak tanaman dikebun mereka. Namun akhirnya serangga ini ditangkap lalu diolah menjadi santapan khas Gunungkidul.

Untuk mendapatkan belalang goreng ini cukup gampang, karena banyak tersedia di berbagai tempat. Mulai dari kawasan-kawasan wisata Gunungkidul, hingga sepanjang jalan Jogja-Wonosari kamu bisa mudah menemunkannya. Biasanya belalang yang dijual sudah dalam bentuk matang yang dikemas dalam plastik maupun toples namun ada juga yang dijual dalam bentuk mentah.

 

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like