Selain Becek, Ini 5 Alasan Tidak Mendaki Gunung saat Musim Hujan

JogjaUpdate.com (18/03/2019), Mendaki gunung memang salah satu aktivitas yang menarik untuk dilakukan. Namun haruskah tetap mendaki gunung saat musim hujan tiba?

Meski menantang, namun ada beberapa faktor yang harus diperhatikan sebelum berangkat. Faktor utama adalah keselamatan, bagi kamu maupun rombongan.

Baca Juga : Tips Memilih Sepatu Treking

Tidak heran jika banyak pengelola aktivitas pendakian yang menutup jalur ketika musim hujan tiba. Namun bukan demi keselamatan para pendaki juga.

Inilah beberapa alasan tidak mendaki gunung saat musim hujan tiba.

1. Jalur Pendakian Lebih Sulit

Musim hujan pasti diikuti dengan cuaca buruk dan kadang tidak bisa ditebak. Hujan yang mengguyur membuat jalur pendakian makin sulit.

Dari jalur yang licin berisiko tergelincir. Lebih berisiko lagi, jika jalur rawan longsor. Untuk menghindari kecelakaan, sebaiknya pikir ulang.

2. Beban Bawaan Makin Berat

Air hujan yang mengguyur, akan membasahi tubuh dan barang bawaan. Barang bawaan yang basah mau tak mau juga ikut menambah berat.

Belum lagi karena hujan, pendaki pasti membawa lebih banyak pakaian ganti. Tak hanya itu, pasti membawa jas hujan yang menambah berat.

3. Risiko Tersambar Petir

Bukan cuma air hujan yang jadi musuh dari mendaki gunung saat hujan tiba. Petir juga jadi hal yang banyak ditakuti para pendaki.

Berada di tempat yang lebih tinggi, pasti meningkatkan resiko tersambar petir. Tersambar petir bisa berakibat fatal, bahkan menyebabkan kematian.

4. Pemandangan Terhalang Kabut

Salah satu tujuan untuk mendaki gunung, adalah menikmati indahnya pemandangan alam. Namun saat musim hujan, kabut bisa turun kapan saja dan lebih tebal.

Ketika kabut tebal turun, makin sedikit pemandangan yang bisa dinikmati. Bahkan bisa saja tidak bisa lihat apa-apa hanya kabut saja.

5. Alam Perlu Istirahat

Tidak hanya manusia yang perlu istirahat, alam juga. Gunung juga perlu istirahat dari kunjungan manusia untuk menjaga keseimbangan.

Mencintai alam juga bisa dilakukan dengan berhenti untuk menjaga sementara. Biarkan alam beristirahat untuk mengembalikan ekosistem yang telah rusak.

Baca Juga : Untuk Pendaki Gunung Pemula, Ini Peralatan Dan Perlengkapan Yang Harus Disiapkan

Itulah 5 alasan tidak mendaki gunung saat musim hujan tiba selain becek tidak ada ojek.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like