Per 10 Tahun, Suhu DIY Meningkat 0,6 Derajat Celcius

JogjaUpdate.com (13/9/17), Dampak buruk dari pemanasan global makin lama sekamin kita rasakan. Suhu bumi semakin lama semakin meningkat, termasuk dengan yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Setidaknya per 10 tahun, suhu DIY meningkat 0,6 derajat celcius.

Menurut yang dimuat HarianJogja.com (12/9/17) Peningkatan 0,6 derajat celcius ini seperti yang diungkapkan oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Urip Haryoko. Kalau tidak dicegah dari sekarang, peningkatan suhu yang lebih tinggi bisa terjadi kedepannya.

Menurut urip, kenaikan suhu udara yang terjadi ini sudah memasuki tahap yang cukup mengkhawatirkan. “Secara alami akibat adanya gas CO2 [karbondioksida] di atas rata-rata, suhu bumi otomatis akan naik. Kenaikan suhu memang sudah sangat mengkhawatirkan,” ungkap Urip.

Namun ia mengatakan peningkatan suhu udara ini tidak hanya terjadi di wilayah DIY saja. Secara global terjadinya peningkatan suhu juga terjadi di berbagai daerah. Sedangkan secara khusus, suhu DIY meningkat sebesar 0,6 derajat celcius per dekade atau setiap 10 tahun.

Walaupun demkian, data ini masih memerlukan pengkajian yang lebih mendalam lagi. Karena menurut Urip, hasil peningkatan suhu 0,6 derajat celcius per 10 tahun ini masih dari penelitian dengan rentang waktu terhitung pendek. Diperlukan data yang lebih panjang lagi untuk mengetahui secara jelas.

“Data yang lebih baik membutuhkan rentang waktu yang lebih panjang yakni 100 tahun. Waktu 100 tahun baru bisa dikategorikan sebagai perubahan iklim. Kalau di DIY hitungannya masih tren saja. Yang sudah itu DKI Jakarta. Di sana suhu naik sekitar 1,6 derajat per 100 tahun,” jelasnya.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like