Kementrian Perhubungan Siapkan Langkah Pencegahan Masuknya Virus Zika

cbc.ca

Jogjaupdate.com (06/09/16), Kabar merebaknya virus Zika di Asia Tenggara, memaksa Kementerian Perhubungan melakukan langkah pencegahan. Berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dan instansi terkait untuk bersiaga mencegah dan meminimalkan dampak dan penyebaran virus Zika.

Dilansir dari Antaranews, Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Hubungan Internasional dan Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Dewa Made Sastrawan menjelaskan unit-unit kesehatan di pelabuhan-pelabuhan umum dan penyebrangan di Batam serta bandara internasional utama Indonesia telah memasang perlengkapan pendeteksi suhu badan (mass thermal scanner) untuk memonitor suhu badan para penumpang dari Singapura dan Malaysia dengan batas toleransi berbadan sehat dengan suhu badan paling tinggi 38 derajat Celcius.

Para penumpang yang datang dari Singapura dan Malaysia di pelabuhan-pelabuhan di Batam dan bandara internasional utama diwajibkan untuk melakukan pengisian formulir kewaspadaan kesehatan atau Health Alert Card (HAC) guna memonitor kondisi kesehatan para penumpang dengan asal embarkasi Singapura dan Malaysia.

Adapun, untuk angkutan udara dari Singapura dan Malaysia tujuan bandara-bandara internasional utama di Indonesia, semua pesawat diwajibkan untuk melakukan disinfeksi sebelum berangkat dan awak pesawat diwajibkan untuk melaporkan kepada menara pengawas bandara tujuan di Indonesia bila terdapat penumpang atau awak dicurigai mengalami gangguan kesehatan akibat terjangkit virus Zika ketika pesawat sedang mengudara ke Indonesia.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like