Jebul Ada 8 Aroma Wewangian Yang Membuat Merasa Bahagia

JogjaUpdate.com (2/10/17), Ada banyak cara untuk membuat seseorang tenang dan merasa bahagia. Salah satunya adalah dengan mencium aroma wewangian tertentu yang mempu mengangkat mood. Aroma wewangian juga sering digunakan untuk mengurangi stres dan memberikan rasa nyaman.

Penasaran, aroma apa saja yang bisa membuat seseorang merasa bahagia? Berikut ini daftarnya menurut yang dimuat Kompas.com (1/10/17):

1. Pinus

Jebul berjalan-jalan di tengah hutan pinus dapat mengurangi stres. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Universitas Kyoto di Jepang, orang-orang yang melakukan shinrin-yoku, atau “mandi hutan” mengaku depresi dan kecemasannya berkurang secara signifikan. Hal ini dilakukan dengan cara hanya berajalan di hutan pinus.

2. Jeruk

Jika membutuhkan penyemangat dalam waktu singkat, cobalah mencium aroma jeruk. Aruma buah ini terbukti dapat meningkatkan energi dan kewaspadaan. Penelitian telah mengungkapkan bahwa aroma lemon secara khusus dapat mengurangi stres. Tidak heran banyak produk pembersih rumah tangga yang juga menggunakan aroma jeruk.

3. Tabir surya

Bau tabir surya dipercaya dapat mengingatkan kembali pada saat liburan di pantai yang cerah atau liburan tropis. Dengan mengingatkan kembali pada masa-masa indah di kala liburan, pastinya akan menurunkan stres. Dan pastinya efek positif yang didapatkan adalah merasa bahagia.

4. Rumput segar

Hasil riset di Australia menemukan bahwa bahan kimia yang dilepaskan rumput yang baru dipotong menyebabkan orang menjadi rileks dan merasa bahagia. Mereka bahkan telah memasukkan aroma rumput ini ke dalam parfum. Aroma yang kuat dikatakan dapat mencegah penurunan mental seiring bertambahnya usia.

5. Bunya

Sudah bukan rahasia lagi kalau bunga memili aroma yang harum. Seperti aroma bunya mawar yang menyenangkan, begitu juga lavender yang bisa membuat lebih bahagian. Lavender juga sering dimanfaatkan untuk memberi rasa tenang, mengurangi insomnia dan depresi. Ada juga melati yang terbukti meningkatkan mood.

5. Rosemary

Rosemary sebenarnya lebih dikenal sebagai penyedap rasa makasan, namun ternyata dapat memperkuat otak. Penelitian telah menemukan kalau aroma ramuan rosemary dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk mengingat kejadian, juga membantu mengerjakan tugas yang kompleks.

7. Peppermint

Minyak dari peppermint diknenal kemampuannya dalam mengangkat mood dan menstimulasi pikiran. Selain itu juga memberikan efek segar bagi yang menghirup aromanya. Sebuah penelitian menemukan, seorang atlet yang mencium aroma peppermint mengalami peningkatan kinerja atletik dan pernapasa.

8. Bedak bayi

Dengan mencium aroma bedak bayi, dapat memicu respon nostalgia. Para ahli mengatakan bahwa bau bedak bayi mengingnatkan pada keamanan dan kenyamanan yang dirasakan waktu masih anak-anak. Bagi orang tua, aroma ini memberikan efek kenangan akan kebahagian yang mereka rasakan saat anak-anak dulu.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like