Inilah 5 Negara Termiskin di Dunia

JogjaUpdate.com (19/10/17), Negara-negara di dunia ini pada belomba-lomba untuk menjadi yang terkaya dan termakmur. Karena dengan kekayaan negara, dapat menjamin warganya hidup dalam kemakmuran. Jika ada yang paling kaya, pastinya ada negara termiskin di dunia ini.

Tidak sedikit negara yang masuk dalam kategori miskin yang susah payah berjuang mengangkat taraf hidup rakyatnya. Banyak hal yang menyebabkan negara jatuh miskin, dari perang, ketidak stabilan politik dan pemimpin otoriter. Menurut yang dimuat Kompas.com (19/10/17), berikut ini adalah 5 negara termiskin di dunia:

1. Somalia

Somalia terletak di kawasan Tanduk Afrika yang dijaman dahulu pernah menjadi pusat perdagangan. Pada abad ke-19, Inggris dan Italia saling berebut untuk dapat menduduki kawasan pesisir negeri ini. Barulah pada tahun 1960 bekas jajahan Inggris dan Italia berastu untuk membentuk negara Somalia.

Namun pada tahun 1969, mulailah terjadi perebutan kekuasaan. Dewan Revolusioner Tertinggi di bawah kepemimpinan Mohamed Siad Barre merebut kekuasaan dan mendirikan Republik Demokratik Somalia. Pemerintahan ini jatuh pada tahun 1991 lalu memicu perang saudara antara faksi bersenjata.

Perang saudara yang berkepanjangan ini membuat kekuasaan pemerintah melemah, bahkan bisa dikatakan vakum. Dengan dukungan Barat, Somalia mulai berbenah dan mengakhiri perang berkepanjangan. Kini Somalia memiliki penduduk sekitar 14 juta jiwa dengan pendapatan perkapita 400 dolar AS setahun.

2. Republik Afrika Tengah (CAR)

CAR adalah negara bekas jajahan Perancis dengan penduduk sekitar 4,6 juta jiwa. Negara ini memiliki luas wilayah 620.000 kilometer persegi dengan dan sama sekali tidak memili pantai. Semenjak merdeka dari Perancis pada tahun 1960, berulang kali terjadi perebutan kekuasan antar faksi.

Kudeta militer pun pernah terjadi pada tahun 2003 yang memicu perang saudara pada 2004. Meski sempat damai pada 2007 dan 2011, perang antar faksi pun kembali terjadi pada Desembern 2012. Peperangan yang bermuara pada pembersihan etnis dan pemeluk agama minoritas.

Padahal sebenarnya CAR memiliki sumber daya alam yang melimpah seperti minyak bumi, emas, berlian, kobalt, kayu, dan tenaga air. Namun karena perang, sumber daya alam ini tidak bisa tertangani. Akhirnya CAR pun menjadi salah satu negara miskin di dunia dengan pendaptan perkapita sebesar 684 dolar AS setahun.

3. Burundi

Burundi merupakan negara kecil dikawasan Danau Besar Afrika yang berbatasan dengan Rwanda, Tanzania, dan Republik Demokratik Kongo. Lebih dari 200 tahun Burundi merupakan kerajaan merdeka, hingga pada abad ke-20 Jerman menduduki negara ini. Setelah Perang Dunia I, Burundi diserahkan kepada Belgia hingga merdeka pada 1962.

Setelah merdeka, Burundi menjadi sebuah kerajaan namun terjadi rangkaian pembunuhan, kudeta, dan instabilitas regional. Akhirnya Burundi berubah menjadi republik dengan satu partai politik pada 1966. Namun pada 1970-an dan 1990-an terjadi perang saudara dan pembersihan etnis.

Karena terlalu sibuk perang, Burundi tidak sempat memikirkan pembangunan ekonomi dan rakyatnya terpuruk dalam kemiskinan. Akibatnya Burundi masuk ke dalam salah satu negara termiskin di dunia. Burundi hanya memperoleh pendapatan per kapita 800 dolar AS setahun.

4. Republik Demokratik Kongo (RDK)

Negara ini adalah bekas jajahan Perancis yang memiliki wilayah terluas kedua di Afrika dan ke-11 di dunia. Sejak 90.000 tahun lalu manusia sudah menghuni wilayah ini. Berbagai kerajaan pernah berdiri seperti Kongo, Luba, dan Lunda. Hingga pada 1885, Kongo menjadi properti pribadi Raja Leopold II dari Belgia.

Raja Leopold II lalu memaksa rakyat Kongo untuk menanam dan memproduksi karet. Hal ini menyebabkan jutaan rakyat Kongo tewas karena kelapran dan eksploitasi pada tahun 1885-1908. Pada 1908, Pemerintah Belgia mengambil alih pengelolaan kongo dan mengubah namanya menjadi Kongo Belgia.

Kongo Belgia akhirnya merdeka pada 30 Juni 1960 dengan nama Republik Kongo. Tidak berselang lama, krisis politik menyelimuti negara ini. Perebutan kekuasaan dan kudeta pun silih berganti antar faksi. Tidak ketinggalan campur tangan AS dan Uni Soviet yang berada dibelakang tiap faksi yang bertikai.

Perang perebutan kekuasaan pun terus terjadi dan membuat negara kaya sumber daya alam ini terpuruk. Ketidakstabilan politik dan buruknya infrastruktur membuat perekonomian RDK macet. Negara ini memiliki pendapatan perkapita 800 dolar AS setahun dan masuk dalam deretan negara termiskin di dunia.

5. Liberia

Liberia merupakan negara di kawasan Afrika Barat yang memiliki luas wilayah 111.369 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 4,5 juta jiwa. Liberia berawal dari permukiman Masyarakat Kolonisasi Amerika (ACS), yang meyakini warga kulit hitam memiliki peluang hidup lebih baik di Afrika ketimbang di Amerika Serikat.

Liberia menyatakan kemerdekaannya pada 26 Juli 1847, dan mendapat pengakuan dari Inggris. Ketegangan politik terjadi setelah kudeta militer pada 1980. Setelah lima tahun dikuasai militer, akhirnya digantikan kekuasaan sipil lalu disusul dengan dua perang saudara yang menewaskan 8% populasi Liberia.

Akibat perang saudara ini, perekonomian Liberia menyusut hingga 90 persen. Barulah kesepakatan damai tercapai pada 2003. Namun perekonomian Liberia masih merangkan dan 85 persen warganya masih hidup dalam kemiskinan. Pendapatan perkapita Liberia hanya 880 dolar AS setahun.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like