Ini Beberapa Hal Penyebab Motor Boros BBM Yang Sering Tidak Disadarai

JogjaUpdate.com (20/10/17), Bagi para pengendara sepeda motor pasti pernah mengeluh kendaraannya terasa lebih banyak meminum bahan bakar dibanding motor lain. Padahal masih sama merek, model, dan jenis, bahkan tahun produksi yang sama. Karena ada beberapa penyebab motor boros yang sering tidak disadari.

Menurut yang dimuat situ Honda Cengkareng, secara garis besar ada tiga faktor penyebab utama motor boros Bahan Bakar Minyak (BBM), yakni kondisi jalan, cara berkendara, dan settingan mesin. Kenapa tiga faktor tersebut membuat motor boros konsumsi BBM? Berikut ini penjelasan singkatnya:

1. Kondisi jalan

Secara umum, pengendara yang menempuh kondisi jalan macet akan mengkonsumsi BBM lebih banyak dibandingkan yang melewati jalan lancar. Hal ini disebabkan oleh pembukaan dan penutupan throttle atau gas akan lebih banyak terjadi saat mengendarai jalan macet dibandingkan jalan lancar.

2. Cara berkendara

Setiap orang pasti memiliki gaya dan cara yang berbeda dalam mengendarai motornya. Gaya berkendara yang sering membuka throttle dadakan akan mengkonsumsi bahan bakar secara sia-sia, karena terlalu cepat dibandingkan putaran mesin. Sedangkan yang membuka lebih stabil akan mengkonsumsi BBM lebih optimal.

3. Settingan mesin

Selain dua hal diatas, faktor settingan mesin juga sangat berpengaruh pada tingkat konsumsi BBM dari motor. Beberapa contoh setting yang dapat mempengaruhi tingkat konsumsi BBM antara lain lenggang klep, setelan karburator, jarak renggang busi, dan filter kurang bersih.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like