Ini 3 Metode Menabung Yang Menari Untuk Dicoba

JogjaUpdate.com (23/7/17), Waktu kecil pasti pernah diajarkan untuk menabung, dari yang sederhana menggunakan celengan hingga memakai rekening bank. Metode menabung tersebut memang sederhana untuk belajar mengatur keuangan. Namun setelah dewasa pasti kamu memerlukan metode lain.

Menabung bukan cuma soal banyak sedikitnya pendapatan. Meski cuma sedikit kamu tetap memerlukan menabung, begitu juga dengan pendapatan yang banyak. Jika kamu sulit menabung, berikut ini ada beberapa metode dari Brightside yang bisa kamu coba. Sapa tahu ada yang cocok untuk kamu:

1. Metode 50/30/20

Dari namanya terlihat agak mebingungkan, namun sebenarnya caranya cukup mudah. Yaitu, ketika kamu mendapatkan gaji, bagilah menjadi tiga bagian. 50% gaji diperuntukan untuk kebutuhan sehari hari termasuk tagihan. 30% untuk kebutuhan tambahan yang kurang penting seperti TV, internet dan pakaian.

Sementara itu sisanya yang 20% dari gaji, sisihlahkan untuk ditabung. Tabungan ini bisa digunakan untuk kebutuhan mendadak atau sesuatu yang terjadi di masa mendatang. Metode ini cocok untuk bagi kamu yang memiliki pendapatan stabil, tetapi bisa mengatur uang dengan baik.

2. Metode Sederhana

Seperti namanya, metodei ini sangat sederhana. Yaitu dengan membagi gaji menjadi dua bagian, setengah untuk kebutuhan sehari-hari termasuk tagihan. Setengahnya untuk kebutuhan liburan, hiburan keinginan memiliki sesuatu. Cara ini cocok untuk kamu yang tidak mau terlalu ketat membatasi pengeluaran.

3. Metode Mingguan

Seperti namanya, metode ini dilakukan dengan mengatur keuangan secara mingguan. Caranya yakni menentukan budget untuk satu minggu kedepan. Kamu tidak boleh menghabiskan uang di luar budget, dan sisanya di tabung sejak awal. Metode ini cocok buat kamu yang selalu kehabisan uang sebelum hari gajian datang.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like