Ini 2 Hal Yang Membuat Orang Lebih Suka Belanja Online

JogjaUpdate.com (25/9/17), Sektor jual-beli online atau e-commerce di Indonesia tengah bertumbuh pesat dalam beberapa tahun terakhir. Begitu juga dengan meningkatnya minat masyarakat yang lebih suka belanja online. Apa yang membuat orang-orang sekarang lebih suka belanja online?

Seperti yang dimuat Liputan6.com, ‎General Manager lembaga riset Kantar Worldpanel Indonesia Venu Madhav menyatakan, Indonesia memiliki pasar e-commerce yang sangat menjanjikan. Karena setengah dari 250 juta populasinya berumur di bawah 30 tahun, yang sudah akrab dengan dunia online.

“Sejalan dengan berbagai tren yang terjadi seperti meningkatnya penetrasi smartphone, urbanisasi, dan peningkatan pendapatan yang siap dibelanjakan (disposable income) di kalangan masyarakat Indonesia, bisnis e-commerce diharapkan dapat memberikan performa yang lebih baik,” ungkap Venu.

Namun khusus untuk bidang fast moving consumer goods (FMCG), tercatat hanya 1,9 persen saja rumah tangga di daerah uban Indonesia yang menggunakan e-commerce. “Walaupun angka penetrasi ini terbilang kecil, pertumbuhan dari rumah tangga yang melakukan belanja FMCG melalui portal online meningkat sangat pesat dari tahun ke tahun,” lanjutnya.

Menurut Venu, pentumbuhan ini dipicu oleh dua faktor utama. Pertama, karena promosi yang disukai berbagai lapisan ekonomi. “Pada pasar online, harga yang tergolong murah dan seringnya promosi menjadi hal yang dianggap menguntungkan bagi konsumen. Itulah alasan dari terus bertumbuhnya pasar online di Asia, termasuk Indonesia,” kata dia.‎

Kedua, keinginan konsumen untuk mendapatkan kenyamanan dan kemudahan akses berbelanja. Faktor ini mempunyai pengaruh besar, pada kalangan konsumen bergaya hidup modern yang sibuk. “Pada kalangan ini, pasar online menjadi alternatif dimana dapat memudahkan konsumen untuk membantu mereka membuat keputusan belanja di mana pun dan kapan pun,” ungkap dia.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like