Gara-gara Smartphone, Penjualan Kamera Terjun Bebas

JogjaUpdate.com (8/3/17), Dulu banyak orang yang memiliki kamera untuk mengabadikan moment-monent yang dialami. Namun kini peranan kamera mulai digantikan oleh smartphone yang dilengkapi kamera. Gara-gara maraknya smartphone ini, angka penjualan kamera terjun bebas. Terlebih lagi kamera pada smartphone yang telah berkembang pesat.

Penurunan penjualan kamera ini terungkap dari laporan Camera & Imaging Products Association (CIPA). Dimana pada tahun 2016 kemarin, angka penjualan kamera mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya. Dari angka year-on-year shipment pasar kamera digital secara keseluruhan mencapai minus 31,7 persen.

Diantarra jenis kamera, yang paling banyak terjadi penurunan adalah jenis kamera saku atau pocket (built-in lens). Penurunan penjualan kamera saku ini terjun bebas sebesar 43,7 persen. Diketahui kalau kamera saku ini selama tahun 2016 hanya berhasil dikapalkan sebesar 12,6 juta unit saja secara global.

Menurut yang dirilis Dpreview Rabu (8/3/2017), CIPA mengungkapkan sejumlah faktor yang berkontribusi terhadap anjloknya pasaran kamera digital. Salah satunya adalah populernya smartphone yang terus memakan pasar kamera saku. “Kamera digital dengan lensa terintegrasi (kamera saku) menghadapi persaingan keras melawan smartphone,” sebut CIPA

Di sisi lain, penjualan kamera interchangeable lens (ILC) seperti DLSR dan mirrorles bernasib lebih baik. Meski terjadi penurunan sebesar 11,4 persen, kamera jenis ini masih tetap banyak diminati. Dimana sepanjang tahun 2016 kemarin, 19,20 juta unit kamera ILC tekag dikapalkan.

Penjualan kamera digital mencapai puncaknya pada tahun 2010 silam, namun setelahnya mengalami penurunan. Angka ini seturut dengan naiknya penjualan smartphone. Semenjak smartphone booming dengan kemampuan kamera yang cangih ini, angka penjualan kamera terus menurun tajam.

Mirroless dan DSLR

Untuk dua tipe kamera ini, masih mendapatkan pasar yang cukup baik dan masih banyak peminantnya. Selain untuk kalangan profesional, pehobi fotografi juga banyak mengincarnya. Hal ini karena kamera DSLR dan Mirrorless menawarkan kelebihan tersendiri dibanding smartphone. Mulai dari kualitas gambar yang lebih baik, hingga pilihan aksesoris dan lensa yang beragam.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like