Fosil Berusia Satu Juta Tahun, Ditemukan Di Dekat Goa Pindul

kompas

Yogyakarta (23/01/15), Ditemukan Fosil yang berusia sekitar satu juta tahun di Gunung Kidul. tepatnya di delta Kali Oya di Dusun Sokoliman, Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul, DI Yogyakarta.
Dilansir dari Kompas, Fosil berusia lebih dari 800.000 tahun hingga satu juta tahun. Sama usianya dengan fosil-fosil yang banyak ditemukan di Sungai Baksoka di Pacitan, Jawa Timur. Penemu fosil tersebut adalah Bambang Sukito, seorang peminat batu akik asal Dusun Ngringin, Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul.

Fosil-fosil terdiri dari dua tulang sendi paha depan binatang berkaki empat dan diduga fosil gigi geraham. Diduga ujung tulang persendian hewan purba jenis Bovidae. Hewan purba jenis Bovidae sekeluarga dengan sapi, kerbau, dan banteng.

Penemuan ini terjadi pada pertengahan Desember 2014, tetapi baru terungkap sebagai fosil hewan purba akhir pekan lalu. Temuan fosil binatang purba di alur Kali Oya tak jauh dari obyek wisata Goa Pindul di Bejiharjo ini bisa mengubah sejarah desa itu. Mungkin saja lembah kali Oya adalah tempat hunian makhluk prasejarah seperti di situs Sangiran, Sragen, Jateng.

dhwSeng on InstagramdhwSeng on Tumblr
dhwSeng
Adminnya JogjaUpdate

dhwSeng

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like