Bukan Cuma Sragen, Klaten Juga Punya Kawasan Wisata Jeglongan Sewu

JogjaUpdate.com (3/3/17), Warga masyarakat Kabupaten Klaten, Jawa Tengah tengah diramaikan oleh kawasan wisata baru. Dimana sejumlah warga memasang papan Kawasan Wisata Jeglongan Sewu beberapa waktu lalu. Hal ini pun menjadi ramai dan viral di internet maupun kalangan masyarakat Klaten sendiri.

Namun jangan dikira Kawasan Wisata Jeglongan Sewu ini adalah tempat wisata sebenarnya. Jeglongan Sewu ini sebenarnya langkah kreatif warga yang mengkritik insfrastruktur jalan di daerah mereka yang rusak parah. Jalan rusak parah dengan banyak lubang-lubang yang tidak terhitung jumlahnya ini dinamakan Kawasan Wisata Jeglongan Sewu.

Akun Twitter @wisnusn2 mengunggah foto papan petunjuk Kawasan Wisata Jeglongan Sewu di Jalan Utama Manisrenggo, Klaten. Foto di lokasi yang sama juga diunggah ke Twitter oleh akun @kabarklaten. Untungnya Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Klaten cukup sigap menambal beberapa lokasi lubang. Begitu juga dengan warga setempat yang swadaya turun tangan.

 

Desa 1001 Kolam

Selain di Manisrenggo, ada daerah Klaten lain pula yang mempunyai cara unik mengkritik jalanan rusak. Yaitu ada Desa 1001 Kolam yang berada di jalan Sambeng, Desa Gunting-Desa Sidowarno, Wonosari, Klaten. Warga setempat memasang papan bertuliskan “Hati-hati Anda Memasuki Kawasan Desa 1001 Kolam. #DalanKlatenKoyoKalen.”

 

Jeglongan Sewu Sragen

Sebelumnya, wilayah Sragen juga ramai dengan sebutan Wisata Jeglongan Sewu Sragen. Setelah viral di sosial media akhirnya Jeglongan Sewu Sragen ini mendapat respon dari Bupati dan DPRD. Melalui akun Facebooknya, Bupati Sragen Kusnidar Untung Yuni Sukowati menyatakan komitmenya untuk memperbaiki jalan ini.

 

Jeglongan 1000 Lampung

Setelah sebelumnya ramai dengan video musik Jalanku Hancur Seperti Kolam Ikan, anak muda Lampung kembali berkreasi. Muda-mudi di Desa Sekampung Kabupaten Lampung Timur ini berfoto untuk mempopulerkan Kawasan Wisata Jeglongan 1000 Lampung. Foto-foto dengan membawa poster Kawasan Wisata Jeglongan 1000 Lampung.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like