Berlayar Andalkan Navigasi iPad, Kapal Ini Karam

JogjaUpdate.com (5/3/17), Gadget jaman sekarang dikenal sangat pintar dan memiliki banyak fitur, seperti navigasi. Sehingga tidak jarang orang yang menggantungkan diri pada navigasi gadget agar tidak tersesat. Termasuk tablet keluaran Apple, navigasi iPad juga diandalkan banyak orang. Namun seharusnya mengerti batas-batas ketergantungan pada fitur gadget ini, atau malah jadi masalah.

Seperti yang terjadi pada seorang kapten anggota Associated British Ports, bernama David Carlin di Inggris. David Carlin mendapatkan pelajaran berharga, tidak selamanya ia bisa menggantungkan diri pada navigasi iPad. Waktu itu ia mencoba berlayar dengan kapalnya yang hanya mengandalkan navigasi iPad. Namun kejadian naas malah menimpanya.

Kapal yang dibawa David Carlin ini bernama Peggotty, sebuah kapal berbahan kayu dari zaman Perang Dunia II. Kapal ini sama sekali tidak dibekali alat navigasi, bahkan sekedar kompas pun tidak ada. Ia pun berniat untuk menjual Peggotty dan ingin menjajalnya sebelum dilepas ke orang lain. Saat mencoba ia memutuskan untuk memakai aplikasi kompas yang ada di iPad milik salah seorang penumpang.

Ketika melintas di jalur Huber Estuary, Pantai Timur Inggris, iPad yang pakai kehilangan sinyal WiFi. Karena tidak ada sinyal, aplikasi kompas di iPad ini pun tidak bisa berfungi. Kapal yang dibawa David Carlin ini pun tersesat di tengah laut yang ketika itu tengah diselimuti kabut. Naasnya, Peggotty menabrak kapal feri kargo bernama Petunia Seaway.

Karena kerusakan saat tabrakan, Peggotty pun mulai tenggelam di lautan. Sehingga Kapten David Carlin berserta penumpangnya terpaksa menyelematkan diri dengan naik sekoci. Sedangkan Petunia Seaway baik-baik saja, malah tidak merasakan terjadi tabrakan dan terus melaju melanjutkan perjalanan ke tujuan di Gothenburg, Swedia.

Dan menurut yang dirilis Daily Mail, Kamis (2/3/2017), Akibat kejadian ini, Kapten David Carlin pun diskors dari pekerjaannya, walaupun pada saat kejadian ia tidak sedang bertugas.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like