7 Kawasan Dilarang Merokok di Kota Yogyakarta

JogjaUpdate.com (8/2/17), Akhirnya Kota Yogyakarta telah resmi memiliki Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur Kawasan Tanpa Rokok (KRT). Dalam Perda ini mengatur tujuh kawasan dilarang merokok di Kota Yogyakarta beserta dengan sanksi denda yang diberikan bagi pelanggar.

Tujuh kawasan dilarang merokok yang diatur dalam Perda ini antara lain fasilitas pelayanan kesehatan, tempat proses belajar mengajar, tempat anak bermain, tempat ibadah, angkutan umum, tempat kerja, dan tempat umum lain yang ditetapkan.

Dalam ketujuh kawasan ini tidak hanya dilarang untuk merokok, namun juga dilarang berjualan da promosi rokok. Bagi yang melanggar aturan larangan merokok ini, dikenai sanksi kurungan 1 bulan dan membayar denda sebesar Rp 7,5 juta.

Hal ini telah diungkapkan oleh Wakil Ketua Pansus Perda KTR, Dwi Budi Utomo pasca rapat paripurna pengesahan Perda KTR di DPRD setempat, Senin (6/2/2017). “Pada kawasan tersebut, tidak hanya berlaku larangan merokok melainkan juga penjualan produk rokok serta promosi rokok,” ujar Dwi Budi Utomo yang dirilis Jogja.Tribunnews.com.

Dwi Budi Utomo juga menambahkan kalau untuk tempat kerja dan tempat umum wajib menyediakan ruang khusus untuk merokok. Namun ruangan tersebut harus terpisah dari gedung utama, dan bukan jalur lalu lalang banyak orang.

Dalam Perda ini juga mengatur beberapa kawasan yang diperbolehkan untuk penjulan produk rokok. Tempat tersebut antara lain, tempat wisata, tempat rekreasi dan hiburan, terminal penumpang, stasiun kereta api, kantin, halte, fasilitas olahraga gedung tertutup, pusat perbelanjaan, restoran, dan hotel.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menjelaskan kalau pada kawasan ini diperbolehkan penjulan rokok karena dalam kajian pansus, masih banyak warga yang bergantung pada rokok. Terutama masih banyaknya rakyat kecil yang bergantung pada penjualan produk rokok.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like