Terbaik di Pariwisata, DIY Raih Penghargaan Indonesia Attractiveness Award 2019

JogjaUpdate.com (28/07/2019), Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bukan hanya punya objek wisata segudang. Namun juga mendapatkan penghargaan Indonesia Attractiveness Award 2019 terbaik di bidang pariwisata.

PT Tempo Inti Media Tbk dan Frontier Group kembali menggelar ajang penghargaan Indonesia Attractiveness Award 2019. Tahun ini merupakan tahun kelima sejak digelar pada tahun 2015 yang lalu.

Dikutip dari visitingjogja.com, dalam pernghargaan ini, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta meraih penghargaan tingkat platinum di bidang pariwisata.

Penghargaan merupakan tingkat tertinggi dalam IAA dan DIY meraih penghargaan yang masuk klasifikasi provinsi sedang dari sisi perekonomian.

Penghargaan IAA diterima secara langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Hotel Pullman Jakarta Pusat pada Selasa (23/7) malam, diserahkan oleh Menteri Pariwisata RI Ir. Arief Yahya.

Sri Sultan mengapresiasi bahwa acara penghargaan ini sangat bagus dan berharap bisa memotivasi kinerja pemerintah daerah karena proses penilaian mulai dari identifikasi, survei, hingga penjurian akhir ini menjadi sangat menentukan dalam IAA.

Indonesia Attractiveness Award 2019. (visitingjogja.com)
Indonesia Attractiveness Award 2019. (visitingjogja.com)

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo, SH, M.Ed juga menyampaikan bahwa penghargaan yang dicapai ini merupakan pencapaian yang dibangun bersama, sebagai sektor andalan, pariwisata akan terus menjadi unggulan di DIY.

Penghargaan ini bukan tujuan utama, namun sebuah pengakuan bahwa yang dilakukan sudah on the track. Sehingga pencapaian ini memberikan semangat baru untuk selalu memajukan pariwisata demi kesejahteraan masyarakat DIY.

Penilaian penhargaan ini berdasarkan daya tarik terbaik yang mengacu pada empat dimensi, meliputi investasi, pelayanan publik, infrastruktur dan pariwisata.

Riset yang dilakukan melibatkan investor dan publik untuk memperoleh data mengenai daya tarik di sektor investasi, infrastruktur, layanan publik dan pariwisata untuk tingkat 413 kabupaten, 95 kota dan 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Proses penilaian IAA melalui tahap penyaringan dan pengolahan data, melakukan survei, serta verifikasi data. Sedangkan tahap terakhir yaitu penjurian telah dilakukan pada tanggal 24-28 Juni 2019 terhadap 48 nominator kabupaten, kota dan provinsi.

Hasilnya, Tim Juri memutuskan untuk memberikan penghargaan Indonesia Attractiveness Award 2019 kepada Pemda DIY, sebagai pemenang Platinum Provinsi Sedang Kategori Pariwisata dalam Indonesia Attractiveness Award 2019.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like