Kamis Pon Ditetapkan Sebagai Hari Reresik Pasar Tradisional Jogja

JogjaUpdate.com (15/12/17), Setelah sukses dengan Reresik Malioboro setiap hari Selasa Wage, kini akan menyusul dilakukan Pasar Tradisional Jogja. Dan hari Kamis Pon dipilih sebagai hari Reresik Pasar Tradisional Jogja atau hari bersih-bersih pasar tradisional di Kota Yogyakarta.

Baca: Selasa Wage, Ketika PKL Malioboro Libur Seharian

Pemilihan Kamis Pon sebagai Hari Reresik Pasara Tradisional Jogja ini diputuskan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Yogyakarta. Gerakan hari bersih-bersih pasar tradisional ini nantikan akan dimulai pada 18 Januari 2018 mendatang.

Menurut yang diberitakan HarianJogja.com (15/12/17), Kepala Disperindag Kota Yogyakarta, Maryustion Tonang mengungkapkan pemilihan hari Kamis Pon ini berdasarkan usulan dari para pedagang. “Yang mengusulkan hari reresik ini dari pedagang, kami hanya mengikuti,” ungkapnya.

Pemilihan hari Kamis Pon ini dengan beberapa pertimbangan, salah satunya adalah hari dimana Sri Sultan Hamengku Buwono I memproklamirkan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dengan pada 13 Maret 1755 silam. Kala itu, 13 Maret 1755 bertepatan pada hari Kamis Pon.

Nantinya, setiap Kamis Pon semua pedagang pasar tradisional Jogja akan berhenti sejenak 1-2 jam untuk kerja bakti. Namun, Maryustion mengatakan, waktu kerja bakti disesuaikan masing-masing pasar. Nanti ada yang mulai reresik di pagi hari, siang, sore, dan ada yang malam selama masih Kamis Pon.

Dan nantinya kegiatan Reresik Pasar Tradisional Jogja di hari Kamis Pon akan diawali di Pasar Bringharjo.

Baca: Setiap Selasa Wage Pedagang Kaki Lima Malioboro Libur 24 Jam

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like