Memasuki Musim Pancaroba, Waspada Diare dan ISPA

JogjaUpdate.com ~ Musim pancaroba, atau musim peralihan dari kemarau ke hujan dan sebaliknya. Pada musim pancaroba ini sering muncul sejumlah penyakit yang perlu diwaspadai. Seperti diare dan Infeksi Saluran Pernafasan (ISPA), sering muncul pada masa peralihan dari kemaru ke penghujan.

Dan menurut yang dimuat HarianJogja.com (9/10/17), Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Bantul, Pramudi Darmawan mengatakan selain diare dan ISPA, penyakit yang disebabkan oleh virus juga banyak menjangkiti saat musim pancaroba.

Selain diare dan ISPA, beberapa diantaranya yang sering muncul adalah penyakit kulit seperti gatal-gatal, belekan dan cangkrang. Namun menurutnya, penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut bersifat insidental, tidak selalu muncul penyakit yang sama saat musim pancaroba.

Dijelaskannya juga, meningkatnya konsentrasi penyakit ini disebabkan oleh virus saat musim pancaroba karena menurunnya daya tahan tubuh. Ditambah lagi perubahaan cuaca yang cukup ekstrim, panas di siang hari dan hujan ketika malam hari. Perubahan cuaca ini sangat berpengaruh pada kondisi tubuh.

Dengan melemahnya daya tahan, akan rentan terhadap penyakit seperti influenza dan batuk. Selain itu berkurangnya stok air bersih membuat kasus diare meningkat. “Yang perlu diwaspadai saat sulit air bersih, ada penjual makanan yang mencuci piring tidak dengan air mengalir. Itu yang menyebabkan kuman mudah menyebar,” ujarnya.

Oleh karena itu, Pramudi mengimbau masyarakat untuk selalu menerapkan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS). Terutama saat ketahan tubuh menurun pada peralihan musim seperti ini. Misalnya dengan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, memperbanyak minum air putihm memakan buah dan sayuran.

Khusus untuk penderita ISPA, Pramudi menyarankan untuk selalu mengenakan masker saat berada di tempat orang banyak. Apalagi pada ruangan ber-AC. Karena virus yang dilepaskan penderita penderita ISPA ketika batuk di ruangan ber-AC bisa menyebar ke setiap orang di ruangan tersebut. (091017)

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like