Kurma, Buah Kaya Nutrisi Penting Bagi Tubuh

-iberita-

Berbuka puasa dengan kurma sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad S.A.W. Kenapa? karena ternyata buah kurma mengandung banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kurma segar yang dalam bahasa latin disebut Phoenix Dactylifera mengandung fruktosa dan dextrosa yang apabila dimakan akan mengganti energi yang hilang.

Selain mengandung gula sederhana, kurma juga kaya akan vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Ekstrak kurma juga berfungsi sebagai pelindung sel-sel tubuh dari bahaya radikal bebas. Semakin tinggi kandungan ekstraknya, maka semakin tinggi pula tingkat perlindungannya.

Potasium juga banyak terkandung dalam buah kurma. Potasium berfungsi sebagai zat pengendali tekanan darah dan detak jantung. Zat besi dan kalium juga banyak terdapat pada kurma.

Kelebihan lain kurma adalah kandungan flavanoid seperti betakaroten dan lutien. Kurma juga merupakan laksatif yang ampuh melindungi dinding usus besar dari bahaya kanker usus besar.

Serat yang terdapat dalam kurma terbukti dapat mengurangi penyerapan kolesterol jahat dalam tubuh kita. Serat larut tersebut melewati pencernaan lebih lambat dari serat tak larut air lainnya. Sehingga menimbulkan rasa kenyang. Maka dari itu kurma baik bagi orang yang ingin menurunkan berat badannya.

Saking banyaknya manfaat, kurma bisa dianggap sebagai asupan yang hampir ideal bagi manusia. Karena memberikan nutrisi penting bagi tubuh.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like