Balon Udara, Mainan Yang Mengancam Keselamatan Jiwa

@TRCBPBDDIY

Yogyakarta (14/07/16), Bermain-main dengan balon memang mengasyikkan, namun bagaimana jadinya bila balon yang diterbangkan mengancam keselamatan orang lain? Terutama keselamatan penumpang yang sedang berada di dalam pesawat terbang.

Sebuah balon udara raksasa jatuh di Pandean, Umbul Harjo tadi malam (13/07/16) balon berbahan plastik tipis transparan dengan panjang sekitar 4 meter dengan diameter tengah sekitar 3 meter ini jatuh di kawasan rumah penduduk.

Kabar yang datang dari akun Twitter TRC BPBD DIY (@TRCBPBDDIY) ini juga sekaligus himbauan kepada masyarakat untuk menaati UU No.1 Tahun 2009 tentang Penerbangan. erutama Terkait Ancaman Keselamatan Penerbangan pd Psl. 210 & 421 ayat 2.

Masyarakat diharapkan memahami bahaya balon udara tanpa awak bagi dunia penerbangan. Karena balon udara sangat mudah terbawa angin dan apabila masuk kedalam mesin pesawat dapat berakibat fatal.

Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau Airnav Indonesia juga telah mengirimkan surat perihal ancaman balon udara kepada jajaran Pemerintah daerah dan Polda pada tanggal 7 Juli 2016.

Selain itu, Airnav Indonesia telah menerbitkan NOTAM peringatan kepada pilot nomor: NOTAM A1969/16 pada 6 Juli 2016 perihal kehati-hatian operasional penerbangan karena adanya balon udara dan permintaan kepada pilot yang sedang menerbangkan pesawat agar melapor kepada ATC jika melihat balon udara pada saat operasi penerbangannya. Seperti dikutip dari Detiknews.

Sebelumnya juga terjadi peristiwa pesawat komersial yang hampir menabrak balon udara sejenis di sekitar Yogyakarta.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like