Global Warming, Butuh Triliunan Rupiah untuk Kurangi Kadar CO2

JogjaUpdate.com (20/7/17), Global Warming atau pemanasa global, salah satu masalah terbesar yang harus dihadapi saat ini. Memanasnya suhu bumi ini salah satunya dikarenakan kadar karbon dioksida (CO2) yang berlebihan. Dan utuk mengurangi kadar CO2 di bumi ini diperlukan dana yang tidak sedikit.

Kenapa CO2 ini menjadi salah satu penyebab pentin global warmin? Karena CO2 ini membuat lapisan ozon berlubang, sehingga panas matahari yang sampai ke bumi berlebihan. Kondisi ini bisa menyebabkan es di kutub mencair, sehingga permukaan air laut akan meningkat dari tahun ke tahun.

Menurut yang diberitakan Liputan6.com, global warming ini menjadi perhatian sejumlah ilmuan. Termasuk dengan Profesor James Hansen, mantan kepala ilmu iklim di NASA. Ia bersama dengan timnya melakukan penelitian, dan menemukan sesuatu yang patut untuk diwaspadai manusia.

Menurut Hansen, manusia harus segera mengurangi kadar karbon dioksida sejak dini. Jika tidak, maka generasi selanjutnya harus memilih untuk menhadapai berbagai peristiwa cuaca berbahaya. Atau bisa juga harus menghabiskan dana yang tidak sedikit, sampai triliunan dolla untuk mencegahnya.

Sampai sejauh ini, bumi telah jauh melampaui batas pemanasan global. Kada polusi yang ada di atmosfer tidak akan mungkin berkurang dalam hidup manusia. Meski demikian, para peneliti mengatakan manusia bisa mengurangi karbon dioksida dari atmosfer sekitar 12,5 persen.

Hal ini bisa dilakukan siapa saja dengan cara sederhana, misalnya seperti menanam pohon. Langkah lainnya, bisa memanfaatkan teknologi yang fungsinya mirip dengan pohon yang menyerap karbon. Menurut riset, diperkirakan teknologi ini akan memakan biaya sekitar US$ 535 triliun.

Walaupun terlihat mahal, namun biaya pencegahan selalu lebih baik daripada biaya mengatasi masalah. “Melanjutkan emisi bahan bakar fosil yang tinggi dapat membuat generasi selanjutnya mengalami dampak pemanasan yang besar, iklim yang merugikan, atau malah keduanya,” tutupnya.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer