Video Mapping, Tren Baru Seni Visual

-@hdinamicaf-

Pada pembukaan FKY 26 di Tugu beberapa hari yang lalu, pasti banyak yang terkagum-kagum melihat Tugu Jogja jadi warna warni dan semakin cantik.

Panitia FKY Menggunakan teknik Video Mapping yang membuat Tugu jadi seperti itu. Apa sih sebenarnya video mapping itu?

Video mapping adalah sebuah teknik yang menggunakan pencahayaan dan proyeksi sehingga dapat menciptakan ilusi optis pada obyek. Obyek tersebut secara visual akan berubah dari bentuk biasanya menjadi bentuk baru yang berbeda dan sangat fantastis. Perubahan visual tersebut terjadi dari sebuah proyeksi yang menampilkan grafis video digital kepada suatu obyek, benda, atau bidang.

Video mapping adalah metode baru yang merupakan bagian dari evolusi seni visual sebagai manifestasi pencitraan seni visual dan teknologi. Dibuat dengan menggunakan perangkat lunak 2 dimensi atau 3 dimensi.

Prinsip teknologi dibalik video mapping sangatlah sederhana. Beberapa proyektor video yang dikontrol oleh komputer digunakan untuk memproyeksikan gambar atau video kepada sebuah permukaan yang diinginkan. Dari permukaan yang akan diproyeksikan tersebut akan terdeteksi beberapa titik dan kemudian akan dipetakan kedalam komputer.

Untuk menciptakan permukaan tersebut menjadi interaktif, pemetaan ini selanjutnya bisa dijadikan berlapis – lapis dengan konten video, gambar tetap, live video feeds, logo, branding, dan lain – lain.

Dengan manipulasi proyeksi tersebut, cara pandang kita terhadap obyek, benda, atau bidang tersebut akan berubah. Video mapping mempunyai persyaratan dasar. Yakni, gelap total, termasuk lingkungan sekitarnya.

Saat ini video mapping sedang menjadi tren di Indonesia. Terutama ketika sejumlah perusahaan atau lembaga menggunakan inovasi ini untuk menampilkan atau menonjolkan pesan yang ingin disampaikan. Sejumlah konser, pesta, dan pertunjukan teater juga menggunakannya sebagai suatu elemen baru penerapan teknologi video yang fantastis ini.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like