Presiden Joko Widodo Gandeng Alibaba Untuk Pasarkan Produk Indonesia di Tiongkok

kompas.com

Jogjaupdate.com (03/09/16), Dalam lawatannya ke Tiongkok, Presiden Joko Widodo mengunjungi kantor pusat Alibaba Group. Jack Ma, Chief Executive Officer Alibaba, langsung menyambut kedatangan Presiden bersama rombongan.

Alibaba sebagai e-commerce terbesar di Tiongkok dikabarkan akan membantu Indonesia memasarkan produk-produk Indonesia di pasar Cina. Produk dari usaha kecil-menengah menjadi perhatian utamanya.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, yang ikut dalam rombongan, mengatakan Jack Ma dan Presiden mempunyai pandangan yang sama tentang UKM. “UKM itu harus diberdayakan untuk memanfaatkan teknologi ini (e-commerce),” katanya seperti dilansir dari Tempo, Sabtu, 3 September 2016.

Kerja sama antara raksasa e-commerce, Alibaba, dan Indonesia bukan pertama kali. Mantan Menteri Perdagangan yang kini menjabat Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Thomas Lembong, sudah mengawalinya. Produk Indonesia yang dipasarkan lewat layanan bernama Tmall (sebelumnya bernama Taobao Mall) dimiliki Alibaba.

Produk Indonesia sendiri bernama Inamall. Mulai beroperasi pada 8 Juli 2016, Inamall berupaya menggenjot nilai ekspor dari produk-produk khas Indonesia ke pasar Cina. Selain itu, produk Indonesia masuk platform AliExpress. Platform itu lebih bersifat global. “Diharapkan tidak hanya menyasar pasar Tiongkok, tapi juga di luar Tiongkok,” ucap Rudiantara.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like