Musisi Dunia Ramai-Ramai Gugat Youtube

youtube

Jogjaupdate.com (21/06/16), Musisi internasional seperti Paul McCartney, Taylor, Swift, U2, Bryan Adams, Jon Bon Jovi, Maroon 5, Pearl Jam, Lady Gaga, Britney Spears, hingga Barry Manilow ramai-ramai menggugat Youtube, situs berbagi video yang merupakan anak perusahaan Google.

Kurang lebih 160 orang seniman dan perusahaan rekaman internasional menuduh Youtube adalah wadah yang aman untuk pelanggaran hak cipta dari yang sudah disepakati. Seniman yang kebanyakan dari kalangan musisi ternama ini ikut bergabung untuk menuntut reformasi isi dari Digital Millenium Copyright Act (DMCA).

Dilansir dari Vivanews, DCMA dilahirkan untuk mengatur hak cipta. Namun, keberadaan YouTube, membuat DCMA seakan-akan tidak berlaku lagi. Dikarenakan, setiap video dari musisi yang diputar di YouTube, berimbas kepada sang musisi, karena menurunnya pendapatan. Musisi bersama label rekaman besar, seperti Universal, Sony Music, Warner Music Group menuntun segera merevisi aturan hak cipta pada DCMA.

Diberitakan, aturan yang tertulis pada DCMA melenggangkan untuk perusahaan teknologi membebaskan mereka untuk mem-posting karya cipta musisi tanpa seizin dari sang seniman. Hal itu, berdampak pada menurunnya pendapatan industri musik, karena larinya ke perusahaan teknologi.

Menanggapi hal ini, Youtube membuat pengakuan bahwa sekitar 99,5 persen video yang tidak memiliki izin telah diatasi secara otomatis melalui sistemnya. Bahkan, YouTube mengaku telah berkontribusi untuk memberikan pendapatan sekitar lebih dari US$3 miliar kepada industri musik lokal. Jadi, bagaimana pendapatmu para musisi?

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like