4 Kebiasaan Yang Menguras Uang Saat Lebaran

JogjaUpdate.com (25/6/17), Lebaran adalah waktunya untuk membersihkan hati, saling minta maaf dan memaafkan. Namun perayaan Lebaran ini sering kali juga menguras uang secara tidak sadar. Lalu apa sih kebiasaan yang menguras uang saat lebaran?

Tidak ada salahnya untuk menguras uang saat lebaran, kalau memang memiliki budget lebih. Dan memang Lebaran adalah saat yang tepat untuk membagikan rejeki kepada orang lain. Namun harus ingat jangan sampai tekor harus cari pinjaman setelah Lebaran nanti.

Berikut ini adalah 4 kebiasaan yang menguras uang ketika Lebaran:

1. Salam Tempel

Merupakan kebiasaan populer dan lumrah dilakukan ketika Lebaran dengan memberikan sedikit rejeki pada orang lain. Biasanya disebut salam tempel, karena waktu memberikannya sambil bersalaman. Dan biasanya memberikan kepuasan tersendiri bagi pemberi salam tempel.

2. Baju Baru

Tidak sedikit yang menjadikan moment Lebaran untuk hal-hal baru, termasuk pakaian. Sehingga tidak heran setiap menjelang Lebaran, pusat-pusat perbelanjaan dan toko-toko baju selalu dipenuhi pembali. Apalagi dengan adanya diskon besar-besaran, sering membuat kalap belanja baju baru.

3. Borong Makanan 

Hal yang populer dilakukan saat Lebaran adalah menyediakan makanan untuk tamu yang berkunjung. Sebagai tuan rumah yang menerima banyak tamu, pastinya menyediakan makanan yang berlimpah bagi yang berkunjung. Mulai dari snack ringan, camilan, bahkan hingga makan berat seperti ketupat dan opor.

4. Mudik

Yang selalu ada menjelang Lebaran tiba adalah arus pulang ke kampung halaman atau mudik. Berbondong-bondong perantau di kota besar mudik untuk merayakan hari raya di kampung halaman bersama keluarga. Tidak sedikit dana yang harus dikucurkan untuk mudak, namun semua dilakukan demi kumpul bersama keluarga.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like