Tips Merebus Telur Agar Tidak Pecah

JogjaUpdate.com (28/10/17), Merebus telur kelihatannya sebuah pekerjaan yang mudah dilakukan di dapur. Padahal tinggal masukan telur ke dalam panci yang diberi air lalu panaskan di kompor sampai matang. Benarkah semudah itu? ternyata tidak, kalau dilakukan sembarangan tidak akan mendapatkan telur rebus yang sempurna.

Jika telur direbus dengan sembarangan bisa jadi mendapatkan telur yang pecah, kurang matang, atau malah terlalu matang sehingga gizinya banyak yang hilang. Lalu bagaimana caranya mendapatkan telur rebus yang baik dan tidak pecah? Tenang berikut ini ada tips mudah dalam merebus telur menurut yang dimuat Vemale.com (30/9/17):

  1. Masukan telur ke dalam panci terlebih dahulu, baru masukan air. Jangan siramkan air hangat atau panas sebelum merebus telur. Juga jangan memasukan telur setelah air mendidik, karena akan mudah pecah selama proses perebusan.
  2. Jika telur baru saja dikeluarkan dari kulkas, rendam dengan air biasa lebih dahulu untuk menetralkan suhu. Buang airnya, setelah mencapai suhu ruangan baru rebus dengan air baru,
  3. Pastikan telur terendam seluruh bagiannya dengan air, jika air kurang saat merebus akan mudah pecah,
  4. Masak telur selama 10 menit hingga mendidih, dan matikan api kompor.

Itu tadi tips merebus telur agar mendapatkan telur rebus yang matang sempurna dan tidak pecah. Jika mendapatkan telur rebus yang matang sempurna dan tidak pecah, akan memudahkan untuk diolah dalam resep masakan yang lain. Juga bisa langsung dikonsumsi dengan rasa yang enak dan nikmat.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like