Tips Mendaki Gunung Bagi Pemula

JogjaUpdate.com (18/5/17), Kegiatan pendakian gunung tidak cuma dilakukan para aktivis pencita alam saja. Banyak dari masyarakat umum yang juga ingin menikmati keindahan alam dari atas gunung. Dan banyak diataranya yang masih awal atau pemula, sehingga memerlukan tips mendaki gunung.

Buat yang masih pemula atau baru pertama kali akan melakukan pendakian gunung, berikut ini 7 tips buat kamu:

1. Latihan

Sebelum melakukan pendakian, sebaiknya melatih dulu kaki dan tubuh kamu agar terbiasa berjalan jauh. Terutama melatih otot kaki dan keseimbangan, setidaknya dimulai seminggu sebelum mendaki. Untuk otot kaki, kamu bisa melatihnya dengan lari di pagi hari atau sore hari secara rutin. Jangan lupa pemanasan sebelum latihan lari dengan senam kecil yang berguna melatih keseimbangan.

Selain itu kamu juga harus melatih cara berjalan untuk melakukan pendakian gunung. Cara berjalan yang baik saat pendakian adalah dengan kaki selalu lentur setiap kali menapakan kaki di tanah dan tetap focus pada pijakan. Apabila kaki kamu kaku maka kemungkinan cidera bisa terjadi dan itu akan menghambat kamu dalam proses mendaki.

2. Jaga Kesehatan

Kesehatan adalah hal yang paling vital dalam melakukan pendakian, karena itu perlu dijaga. Jika melakukan pendakian dalam kondisi badan yang kurang fit akan mengganggu perjalanan kamu, juga bisa membuat susah pendaki lain. Karena itulah jaga kondisi badan sebelum pendakian, tidurlah yang cukup dan bila perlu konsumsi vitamin.

3. Perlengkapan Dan Barang Bawaan

Pendakian gunung tidak hanya mengandalkan fisik saja, karena kamu memerlukan beberapa peralatan dan barang penunjang lainnya. Beberapa gunung memberlakukan aturan ketat mengenai standar peralatan dan perlengkapan untuk pendakian. Biasanya akan dilakukan pengecekan oleh petugas, kalau tidak membawanya kamu tidak diperbolehkan melakukan pendakian.

Ada beberapa perlengkapan yang biasanya harus dibawa, yaitu jaket, sarung tangan, tutup kepala, sepatu gunung, kaos kaki, tas besar, tas kecil, sleeping bag, tenda, matras, senter, jas hujan. Selain perlengkapan, yang tidak kalah penting adalah makanan dan minuman. Kamu harus menghitung kebutuhan makanan dan air minum sebelum mendaki, dan jangan lupa cadangan secukupnya.

4. Mintalah Istirahat Jika Capek

Sebagai pendaki pemula, mungkin kemampuan dan kekuatan fisik kamu tidak sekuat orang yang sudah terbiasa mendaki. Kamu tidak usah malu untuk berkata capek dan meminta berhenti sebentar untuk istirahat. Jangan terlalu memaksakan diri karena malu pada yang lain, hal ini malah berpotensi terjadi yang tidak diinginkan.

5. Jangan Mengeluh

Mengeluh selama perjalanan pendakian gunung bukanlah suatau hal baik untuk dilakukan, walaupun kamu masih pemula. Dengan mengeluh akan mempengaruhi psikis kamu yang akan berimbas kepada tubuh. Kata-kata keluhan yang kamu keluarkan pun juga bisa mempengaruhi pada pendaki lainnya. Alangkah baiknya menyemangati diri sendiri untuk mendapatkan dorongon positif.

6. Jangan Buang Sampah di Gunung

Tentu keindahan alam di gunung adalah salah satu yang kamu cari dengan melakukan pendakian. Kamu pastinya tidak ingin merusak keindahan pemandangan ini dengan sampah-sampah yang berserakan. Karena itulah jangan buang sampah di gunung, bawalah turun barulah buang di tempat sampah.

7. Ikuti Instruksi dan Larangan Petugas 

Sebelum melakukan pendakian, tentunya kamu harus mendaftar dahulu ke petugas penjaga gunung setempat. Ketika melakukan pendaftaran ini pastinya kamu diberikan instruksi dan larangan yang harus dipatuhi semala pendakian. Patuhilah instruksi dan larangan yang disampaikan petugas, ini demi keselamatan kamu dan kelestarian gunung.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like