Pemerintah Kanada Undang Band Indonesia Untuk Tampil di Festival Rock Terbesar

Jogjaupdate.com (02/03/16) Skena musik tanah air tampaknya sudah mulai dilirik dunia internasional. Terbukti dengan tertariknya pemerintah kota Quebec, Kanada yang akan mengundang satu dari sekian banyak band-band yang ada di Indonesia untuk tampil di festival music rock alternatif terbesar di Kanada.

Envol et Macadam Festival, adalah sebuah festival music rock/alternatif yang diadakan dalam 1 tahun sekali di bulan September di kota Quebec, Canada. Festival yang telah diadakan sejak tahun 1996 ini didukung penuh oleh pemerintah kota Quebec sendiri untuk menunjukan apresiasi terhadap musik dan kreatifitas anak muda disana.

Festival Envol Et Macadam ini bukan sembarang festival musik karena band-band yang tampil disini merupakan band-band rock/pop yang memiliki nama besar, seperti Dinosaur Jr, SUM 41, Anti Flag, Pennywise, Bloc Party, Metric, Sinik, The Sounds, Julian Marley, Bad Religion, Mastodon, As I Lay Dying, The Exploited, Rise Against, The Vandals. Konsep penyelenggaraan Festival Envol et Macadam ini adalah merupakan festival music selama 3 hari berturut dan terdapat 4-5 venue Indoor yang berbeda termasuk 1 venue outdoor dengan kapasitas mencapai 10,000 penonton.

Pemilihan band asal Indonesia ini akan dilangsungkan dengan konsep Audisi yang dinamakan Planetrox. Band dari Indonesia yang terpilih akan diberikan tiket dan akomodasi, serta menjadi pengisi line-up dalam festival tersebut.
Indonesia dilirik pemerintah kota Quebec, karena dinilai memiliki potensi yang cukup baik dalam musik dan dunia kreatif.

Pemerintah kota Quebec yang diwakili promoter festival Envol & Macadam ini menggandeng Heaven Records, sebagai organizer utama Planetrox di Indonesia dan juga bekerjasama dengan The Rock Campus, yang merupakan event mingguan yang mendukung pergerakan musik independent di Jakarta.

Planetrox di Indonesia sendiri bukan pertama kali diadakan tahun ini, dukungan pemerintah kota Quebec telah ada sejak tahun 2011. Dimana sejak saat itu tiap tahunnya Planetrox diadakan dan memilih 1 (satu) band Indonesia yang diterbangkan untuk tampil di festival Envol et Macadam tersebut.

Semua band Indonesia berkesempatan untuk berkompetisi mendapatkan satu slot untuk tampil di Festival envol et Macadam tersebut, tidak ada batasan genre walaupun festival tersebut mayoritas menampilkan musik rock, karena promoter festival sangat mengapresiasi semua jenis musik dan bakat yang potensial dari setiap negara.

Oleh karena itu, sejak tahun 2011 diadakannya Planetrox juga diminati band-band Indonesia yang sudah memiliki nama besar dan mereka tidak sungkan untuk bertanding dengan band-band baru.

Band-band Indonesia yang sudah pernah tampil dalam festival tersebut adalah Cupumanik (2011), Navicula (2012), Saint Loco (2013) dan Streetwalker (2015).

Berikut adalah jadwal lengkap pelaksanaan Planetrox Indonesia 2015:

20 Feb Pembukaan Pendaftaran Peserta www.planetrox.ca

8 April Penutupan Pendaftaran

11 April Pengumuman 10 besar (Semi-finalist)

11 April – 26 April Jangka waktu Semi-Finalis mengirimkan video

27 April – 11 May Jangka waktu voting online memilih 5 besar (finalis)

13 May Pengumuman 5 besar (finalis)

2 Juni National Final – Rolling Stone Café*

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like