Jebul Orang Yang Bosan Saat Kerja Bisa Jadi Paling Kreatif

JogjaUpdate.com (20/8/17), Orang kreatif biasanya disandingkang dengan pemikiran yang luar biasa dan kadang tidak terpikirkan orang lain. Namun ternyata, pemikiran paling kreatif itu bisa keluar dari orang yang sedang bosan saat kerja. Benarkah demikian? Bukan saat penuh semangat?

Menurut yang dimuat BBC.com (18/8/17), sebuah penelitian mengenai hubungan bsan dan kreatif telah dilakukan oleh psikolog Karen Gasper dan Brianna Middlewood di Pennsylvania State University. Mereka menemukan sebuah fakta, dimana orang menjadi sangat kreatif ketika merasakan kebosanan.

Fakta ini ditemukan dalam berbagai pengujian, yang menguji dua tim berbeda yaitu orang sedang bosan dan orang yang bersemangat. Pada pengujian pertama, mereka diperlihatkan sebuah video kemudian dilakukan sesi tanya jawab untuk menghubungkan kata-kata. Salah satu pertanyaan adalah mencari kata mengenai kendaraan dan dihubungkan dengan video tersebut.

Hasilnya, orang normal yang sedang bersemangat akan dengan mudah menjawab mobil. Sementara orang yang sedang merasa bosan malah memiliki banyak jawaban kreatif lainnya. Banyak jawaban yang tidak terduga, seperti unta misalnya. Kenapa orang yang tengah bosan bisa sekreatif ini?

Para peneliti mengungkapkan, ketika dalam posisi sangat bosan akan memicu otak untuk melakukan berbagai hal lebih. Bahkan inilah yang memicu otak untuk melamun lebih jauh, agar terhindar dari berbagai hambatan di depan mata. Jadi tidak heran banyak ide-ide kreatif muncul ketika sedang dalam keadaan bosan.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like