Jangan Lewatkan Momen Langka Pada Malam Hari Tanggal 6 Agustus 2016

tdjamaluddin.wordpress.com

Jogjaupdate.com (04/08/16), Kampanye “Malam Langit Gelap” sedang gencar dilakukan oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin. Kampanye ini dilakukan melalui akun Facebook pribadinya. Tujuannya adalah untuk membangun kesadaran publik pentingnya menyelamat kegelapan malam dari polusi cahaya yang telah menyita keindahan langit malam.

Cara untuk mengikuti kampanye ini adalah dengan mematikan semua lampu selama satu jam pada Sabtu malam, 6 Agustus 2016, pukul 20.00 – 21.00. Saat itu ketika langit mulai gelap total (karena matahari sudah jauh terbenam dan cahaya senja sudah menghilang) dan aktivitas di luar ruangan mulai berkurang.

Lalu bersama-sama kita keluar ruangan untuk menyaksikan langit. Kalau kita berhasil meminimalisasi polusi cahaya selama satu jam, kita bisa melihat Galaksi Bima Sakti dengan ratusan milyar bintang membentang dari Utara ke Selatan. Seperti dikutip dari akun Facebooknya, Selasa (02/08/16).

Kita bisa melihat rasi Angsa (Cygnus) di langit Utara dengan Segitiga Musim Panas (Summer Triangle), tiga bintang terang di sekitar rasi Angsa: Vega, Deneb, dan Altair. Di langit Selatan kita melihat rasi Layang-layang atau Salib Selatan (Crux) yang sering digunakan sebagai penunjuk arah Selatan. Hampir di atas kepala kita saksikan rasi Kalajengking (Scorpio) dengan bintang terang Antares.

Saat malam tanpa bulan, kita juga bisa menyaksikan planet merah Mars dan planet bercincin Saturnus bersanding dengan bintang raksasa merah Antares.

Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan momen langka ini ya… ;).

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like