4 Tempat Demo Di Jogja Yang Paling Hits

JogjaUpdate.com ~ Di era demokrasi apalagi situasi politik yang tengah hangat ini, tidak sedikit yang berdemonstrasi. Kegiatan menyalurkan aspirasi secara terbuka atau Demonstrasi ini juga banyak terjadi di Jogja. Dari kalangan kelompok masyarakat hingga mahasiswa juga banyak yang berdemo. Dan berikut ini ada daftar tempat demo di Jogja menurut pengamatan JogjaUpdate:

1. Tugu Jogja

Sebagai tempat ikonik di Jogja, Tugu paling banyak dijadikan tempat untuk demo. Selain berlokasi di tengah kota, Tugu juga sebagai tempat bertemunya trafik dari wilayah Barat, Timur dan Utara Jogja. Arus lalu lintas dari Jalan Godean, Jalan Monjali dan Jalan Solo bertumpuk di Tugu. Sehingga kalau demo di Tugu Jogja pasti bisa mendapatkan banyak perhatian pengguna jalan.

2. Nol Kilometer

Perempatan Kantor Pos Besar atau Nol Kilometer merupakan titik 0 jika ditarik dari segala arah di Jogja. Selain ramai akan pengguna jalan yang lalu lalang, di sekitar wilayah ini juga banyak tempat wisata. Mulai dari Monumen Serangan Umum, Jalan Malioboro, Taman Pintar, Gedung Agung atau Istana Negara hingga Keraton. Pastinya kalau demo di sini bisa disaksikan banyak orang maupun wisatawan.

3. Bundaran UGM

Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan perguruan tinggi ternama di Jogja, yang sering kritis. Sehingga tidak heran kalo bundran UGM ini menjadi tempat demo mereka. Namun tidak jarang, mahasiswa dari kampus lain maupun kalangan masyarakat juga melakukan di sini. Dan pastinya arus lalu lintas di Bunderan UGM ini sering padat, baik dari Mirota Kampus maupun Jalan Colombo.

4. Pertigaan UIN

Para mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta ini dikenal sangat kritis. Bahkan dibandingkan perguruan tinggi lainnya mereka terlihat lebih rajin berdemo. Biasanya para mahasiswa UIN ini melakukan demo di pertigaan UIN yang berlokasikan di Jalan Laksda Adisucipto. Dan pastinya jalan ini selalu dipadati kendaraan baik dari dan mau ke luar kota Jogja.

 

Lain-lain

Selain keempat tempat diatas sebenarnya masih ada lagi tempat yang rajin digelar aksi. Yaitu Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (DPRD DIY) yang berlokasikan di Jl. Malioboro No.54. Lalu masih ada lagi Alun-alun utara yang beberapa kali digunakan tempat penyaluran aspirasi tersebut. Kemudian ada kawasan Kusumanegara di salah satu asrama daerah.

(200217)

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like