4 Tahun Kasus Sonobudoyo, Yang Hilang & Belum Kembali #TopengEmas (11 Agust 2010-2014)

-madyaindonesia-

kasus pencurian 75 koleksi emas di Museum Sonobudoyo, yang merupakan museum milik pemerintah DIY, pada 11 Agustus 2010 hingga saat ini belum terungkap.

Lantaran tanggung jawab pemerintah memelihara dan melestarikan benda cagar budaya lemah, Masyarakat Advokasi Warisan Budaya (Madya) menilai tingkat kepercayaan publik untuk menyerahkan hasil temuan benda cagar budaya kepada pemerintah menurun.

Masyarakat Advokasi Warisan Budaya (Madya) (@madyaindonesia) mengingatkan seluruh lapisan masyarakat melalui twitter,

 

Berdasarkan data Museum Sonobudoyo, benda koleksi yang hilang sebanyak 75 item. Kasus pencurian koleksi emas Museum Sonobudoyo, Yogyakarta, pada 11 Agustus 2010 hingga saat ini belum terungkap. Sebanyak 75 item koleksi emas hilang dari tempat penyimpanan.

Salah satu benda berharga yang hilang adalah Topeng emas. Topeng emas itu ditemukan pada 1960 oleh penduduk Nayan, Kabupaten Sleman: Mardiyono, Ahmad Tugi, dan Karso Sadiyo. Topeng emas yang hilang memiliki kadar 16 karat.

Koleksi itu bisa menjadi identitas Yogyakarta sebagai pusat peradaban. Nilai itu yang sangat penting, koleksi yang hilang adalah koleksi yang unik dengan nilai budaya yang tak terhingga.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like