Tebing dan Bukit di Pesisir Selatan Gunungkidul Berpotensi Rawan Longsor

JogjaUpdate.com (30/5/17), Salah satu pesona alam di Kabupaten Gunungkidul adalah jajaran pantai di pesisir Selatan. Beberapa pantai di pesisir Selatan Gunungkidul menyuguhkan keindahan tebing dan bukit yang menghadap ke laut lepas. Namun menurut kabar terbarunya, beberapa tebing dan bukit ini berpotensi untuk rawan longsong.

Seperti kejadian longsor terbaru di bukit Pantai Ngugap, Kemadang, Tanjungsari, Gunungkidul pada hari Sabtu (27.5.17) malam. Dan rekahan-rekahan sepanjang puluhan meter masih tertinggal di pinggir bukit. Rekahan tersebut juga dinilai berpotensi mengalami longsor susulan.

Menurut yang dirilis Jogja.Tribunnews.com, Koordinator SAR Satlinmas Korwil II Gunungkidul, Marjono mengatakan kalau pihaknya telah melakukan pemantauan udara. Dan hasil pantauan udara menggunakan pesawat drone, diketahui adanya retakan yang cukup panjang di bekas lokasi longsor.

Marjono pun langsung memasang rambu rawan longsor dan garis polisi disekitar lokasi longsor tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi pengunjung memasuki area berbahaya dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya. Dan akan dilakukan penambahan rambu-rambu lainnya.

Dan sekertaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono, juga mengatakan akan ada pemasangan rambu tambahan di bukit Pantai Ngungap. Hal ini ditujukan untuk mencegah wisatawan agar tidak memasuki lokasi rawan longsor. “Kami pasang spanduk dulu, nanti akan kita pasang rambu permanen,” kata Harry.

Ditambahkan Harry pula, kawasan pesisir Selatan Gunungkidul  meruapakan batuan terumbu karang batuan lunak dan mudah larut jika terkena ombak. Sehingga memiliki potensi longsor kapan saja di lokasi rekahan. “Kami sudah melakukan komunikasi dengan ahli geologi, dan menyebutkan jika memang lokasi bukit di Pantai Selatan memang rawan longsor,” ujarnya.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like