Pria Keturunan Jawa Ini akan Maju Pemilu Presiden Suriname

kompas

Jogjaupdate.com (05/02/15), Pria keturunan Indonesia akan bertarung dalam pemilihan umum presiden Suriname. Raymond Sapoen, demikian nama pria 48 tahun ini.

Sapoen dan lima calon lain, akan melawan presiden petahana Desi Bouterse yang menguasai mayoritas parlemen. Dalam sambutan di hadapan konstituen, pria diduga memiliki leluhur asal Banyumas, Jawa Tengah, ini mengaku tidak takut bersaing.

masih sangat jelas ciri khas etnis Jawa. Tak heran, sebab dia generasi kedua imigran asal Jawa yang awal abad 20 dikirim Kolonial Belanda menggarap perkebunan di Suriname.

Sapoen terhitung politikus kawakan di negara wilayah pantai utara Amerika Selatan ini. Dia mengawali karir sebagai pengacara, lantas bergabung sebentar ke Partai Demokrasi Nasional (NDP).

Sejak 2012, dia adalah Menteri Perdagangan dan Perindustrian di Suriname. Saat ini, kurang lebih penduduk Suriname yang berdarah Jawa mencapai 500 ribu jiwa. Cukup banyak dari mereka aktif dalam politik atau menjadi sosok penting dalam perekonomian.

Paul Somohardjo, mentor politik Sapoen, adalah satu-satunya warga etnis Jawa yang pernah mencapai posisi politik paling tinggi yakni Ketua Parlemen. Seperti dilansir dari Merdeka.com.

jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like