YIFoS Ciptakan Rumah Nyaman Untuk Anak Muda

Youth Interfaith Forum on Sexuality (YIFoS), adalah organisasi anak muda yang fokus untuk membangun perdamaian dalam keberagaman identitas termasuk identitas iman dan identitas seksual. Sejak tahun 2012, YIFoS mengembangkan platform pendidikan alternatif untuk membangun gerakan anak muda antar identitas melalui Young Queer Faith and Sexuality Camp.

Kegiatan ini berlangsung setiap tahunnya dan sampai saat ini memiliki kurang lebih 74 alumni anak muda yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatra, dan Sulawesi. Kemah ini bertujuan untuk membangun sikap saling memahami dan membangun dialog dikalangan anak muda di Indonesia terhadap identitas yang berbeda, khususnya iman dan seksualitas, sebagai bagian dari keberagaman.

tahun 2014 ini, Young Queer Faith and Sexuality Camp kembali hadir dan mengusung Lingkar Cinta, Ragam Ekspresi sebagai tema. Melalui Young Queer Faith and Sexuality Camp, anak muda didorong mengambil bagian dalam lingkar cinta perdamaian terlepas apapun identitas yang melekat dalam dirinya untuk saling mendukung dan menghargai serta bersama-sama menolak setiap bentuk kekerasan yang ada atas nama keragaman identitas.

Kemah ketiga ini dilaksanakan di Kaliurang, Yogyakarta dari tanggal 29 Agustus – 05 September 2014 lalu. Sebanyak 29 anak muda usia 18 – 28 tahun dari Pulau Jawa, Pulau Sulawesi, Pulau Sumatra dan Nusa Tenggara Timur mengambil peran serta sebagai peserta kemah setelah lolos dari 124 pelamar di seleksi administratif dan 104 anak muda di seleksi e-course.

Kegiatan yang berlangsung selama 8 hari 7 malam ini menyajikan pembahasan tentang Otoritas Tubuh, Relasi Kuasa, Sejarah Seksualitas dan SOGIEB (Sexual Orientation, Gender Identity, Esxpression and Body), Perspektif Iman terkait Seksualitas Non-Normatif, Hak Asasi Manusia serta pengembangan kapasitas dalam hal yang menarik. Seluruh materi yang dirancang oleh anak muda ini disuguhkan dalam metoda diskusi yang menyenangkan, permainan dan outing; field trip ke Jemaah Ahmadiyyah dan PLU Satu Hati; perencanaan rencana aksi dalam koridor Riset Aksi, Advokasi dan Media Kreatif; serta pementasan sketsa dan malam budaya.

kegiatan yang dilakukan YIFoS
jogupcom on Instagramjogupcom on Tumblr
jogupcom
Adminnya JogjaUpdate

jogupcom

Adminnya JogjaUpdate

You May Also Like