Tips Menabung Dengan Gaji Pas-pasan

JogjaUpdate.com (31/03/18), Banyak yang menyarankan orang harus bisa menabung, harus bisa menyisihkan gajinya untuk masa depan. Namun bagi yang gajinya pas-pasan alias cuma cukup untuk hidup, masihkah bisa menabung? Tenang, ada tips manabung untuk yang punya gaji pas-pasan.

Baca: Ini 3 Metode Menabung Yang Menari Untuk Dicoba

Berikut ini beberapa tips menabung dan mengelola keuangan untuk yang gajinya pas-pasan:

1. Catatan keuangan

Catatan keuangan itu penting untuk mengetahui ke mana gaji kamu habis. Catat setiap pengeluaran yang lalukan, semakin detail semakin baik. Dengan catatan ini kamu bisa menyusun strategi keuangan di bulan-bulan berikutnya. Selain itu, tertib mencatat pengeluaran kamu akan lebih selektif menggunakan uang.

2. Skala prioritas

Setelah membuat catatan pengeluaran, kamu tahu apa saja yang kebutuhanmu sehari-hari. Setelah itu, buat skala prioritas, mana yang harus segera dipenuhi dan mana yang bisa ditunda. Dengan memisahkan mana yang lebih didahulukan, akan memudahkan dalam mengatur pengeluaran ke depannya.

3. Kebutuhan bukan keinginan

Kamu harus bisa membedakan mana yang namanya kebutuhan dan mana yang namanya keinginan. Dahulukan kebutuhan, baru kemudian keinginan. Jangan paksakan semua keinginan kamu terpenuhi, karena gaji kamu tidak akan cukup. Apalagi keinginan orang selalu berkembang seiring waktu, gaji belum tentu nambah.

Baca: Ini Tips Ampuh Mengelola Uang Untuk OKB

4. Jauhi kartu kredit

Kartu kredit terlihat memudahkan, belum lagi bergabai tawaran godaan diskon. Namun dengan gaji pas-pasan, sebaiknya saat ini kamu hindari dahulu penggunaan kartu kredit untuk berbelanja. Lagian bank juga belum tentu mau mengabulkan pengajuan kartu kredit orang yang gajinya pas-pasan.

5. Jangan sepelekan recehan

Walaupun cuma recehan, tetap saja uang dan tetap laku sebagai alat pembayaran. Walaupun cuma uang koin seratus rupiah, kalau totalnya sampai 60 jutaan tetap bisa beli motor ninja. Mungkin saat ini kamu belum bisa menabung ratusan ribu perbulan, tidak ada salahnya memulai dari recehan.

Itu tadi 5 tips menabung bagi kamu yang gajinya pas-pasan. Semoga bermanfaat dan jangan malas untuk menabung.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like