Tips Hemat Uang Saat Liburan ke Luar Negeri

JogjaUpdate.com (20/6/17), Bepergian ke luar negeri untuk liburan sudah tidak sesusah dulu kala, dan telah banyak yang melakukannya. Namun tentu saja, biaya untuk liburan ke luar negeri tidaklah murah seperti yang dikira. Karena itu, dibutuhkanlah tips dan trik hemat uang saat liburan ke luar negeri.

Seperti diketahui, bujet untuk liburan ke luar negeri harus diutamakan dahulu untuk kebutuhan utama. Diantaranya tiket pesawat, transportasi, akomodasi, dan konsumsi wajib untuk diutamakan. Di luar itu, ada beberapa bujet yang bisa dihemat menurut yang dirilis Telegraph, berikut ini dafatarnya:

1. Hindari mengeluarkan uang di bandara

Sebisa mungkin untuk tidak berbelanja di bandara dan jagan menukar mata uang asing di bandara. Karena harga barang dan jasa di bandara pada umumnya akan lebih mahal dari pada di luar bandara. Kamu bisa berbelanja di luar bandara, atau sebelum berangkat ke bandara untuk lebih berhemat.

2. Gunakan kartu kredit secara hati-hati

Jika bisa membayar dengar dengan kartu kredit, gunakanlah kartu kredit terlebih dahulu. Gunakanlah uang tunai atau kartu debit jika tidak bisa melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit. Namun saran ini hanya bermanfaat bagi pengguna kartu kredit yang rajin membayar tiap bulan dan tidak belanja implusif karena lebih mudah belanja menggunakan kartu kredit.

4. Bawa obat pribadi

Selain dijual dengan harga yang mahal, obat dan vitamin di tempat wisata juga tidak mudah ditemukan. Belum tentu obat dan vitamin yang kamu butuhkan sesuai dengan yang ada di tempat wisata. Bawalah sendiri obat-obatan pribadi, termasuk sebagai upaya pencegahan terkena penyakit saat liburan.

4. Tidak perlu membeli kartu SIM baru, manfaatkan free WiFi

Jika tidak terlalu perlu, hindari untuk membeli kartu SIM baru di negara yang kamu kunjungi beberapa hari. Manfaatkan sejumlah WiFi gratis yang tersedia, atau bisa menyewa modem mobile. Syukurlah sekarang sudah bisa mengirim pesan dan menelefon menggunakan akses internet.

5. Pakaian berlapis

Dengan menggunakan pakaian berlapis, akan membuat tubuh lebih hangat dan menyusahkan untuk mencoba pakaian baru. Sehingga mengurangi niat untuk mencoba hingga belanja pakaian baru di toko. Kamu jadi bisa mengontrol diri untuk tidak berbelanja lebih dan bias berhemat.

6. Siapkan uang untuk bepergian

Hal yang sangat penting sebelum berlibur ke luar negeri adalah bujet khusus. Sesuaikan bujet yang kamu miliki dengan gaya berwisata, dan tujuan yang ingin dituju. Hindari meminjam uang untuk berwisata, karena akan membuat kamu kewalahan saat pulan dari liburan di luar negeri nanti.

Agung Pratnyawan on FlickrAgung Pratnyawan on GoogleAgung Pratnyawan on InstagramAgung Pratnyawan on Twitter
Agung Pratnyawan
Content Writer
Freelance Content Writer and Web Developer

Agung Pratnyawan

Freelance Content Writer and Web Developer

You May Also Like